3 August 2013

by Yoga Wisesa

D-Link DHP-P308AV, Internet Plug-and-Play Super Mudah

D-Link, perusahaan manufaktur barang-barang periferal TI asal Singapura, hari kemarin (2/8) mengenalkan produk baru untuk kebutuhan rumah tangga dan small office: adapter Mini Powerline DHP-P308AV.

Fungsi dasar adapter ini adalah untuk memperluas konektivitas internet dengan mengubah setiap colokan listrik di rumah Anda menjadi access-point internet. Perangkat ini mampu menyajikan kecepatan transfer data 500 Mbps, sangat cepat jika dibanding beberapa produk sejenis – namun tentu hal ini bergantung juga pada kondisi struktur listrik rumah dan layanan internet yang Anda gunakan. Dengan alasan ini ia dapat memenuhi kebutuhan home appliance yang membutuhkan tingkat bandwith tinggi, seperti TV HD, perangkat telpon VoIP hingga fungsi entertainment seperti online gaming.

Produk ini memiliki desain putih yang menarik dan fungsional: rancangan passthroughbuilt-in miliknya memungkinkan pengguna untuk menyambungkan plug yang ada sebagai sumber listrik dan juga perangkat-perangkat lain ke konektor yang dimilikinya. Sistem yang dimiliki DHP-P308AV juga memiliki filter noise untuk mencegah pengaruh negatif dari peralatan lain, seperti misalnya listrik statis yang tidak terkendali hingga arus pendek tiba-tiba.

Secara teknis DHP-P308AV adalah perangkat yang hemat daya. Setelah beberapa saat tidak digunakan, produk ini akan masuk ke dalam mode sleep sehingga pemakaian daya listrik berkurang hingga 50 persen. Tapi kemudian apakah kecepatan transmisi data akan berkurang? Sama sekali tidak. DHP-P308AV sendiri menggunakan enkripsi AES 128-bit untuk melindungi koneksi Anda dari penyusup dan tamu tidak yang tidak diinginkan. Penggunaannya juga sangat mudah, Anda tidak perlu mengakses menu-menu yang rumit, cukup mencolokkannya saja.

Rencananya adapter Mini Powerline DHP-P308AV dari D-Link ini akan didistribusikan mulai uwartal ketiga tahun 2013 ini di Indonesia. Satu hal yang belum dikonfirmasi D-Link adalah seberapa mahal ia akan dibanderol.