Game

Daftar Game PC dan Console Terbaik 2014

2014 adalah salah satu tahun paling unik yang pernah dialami khalayak gaming. Anda semua telah menjadi saksi banyak peristiwa bersejarah. Di tahun lalu, kita tak pernah menduga Oculus akan jadi milik Facebook, Microsoft akan membeli Mojang, dan mungkin Anda tidak akan mem-pre-order Assassin's Creed Unity jika ternyata hasilnya mengecewakan.

Dan lagi-lagi, tak terasa kita telah tiba dipenghujung tahun. Meneruskan tradisi Trenologi semenjak 2013, saya akan merangkum daftar permainan terbaik di 2014. Untuk tahun ini saja, ada ratusan game dilepas ke beragam platform - baik console, handheld, PC dan mobile. Dan saya cukup yakin tidak seorangpun yang sempat menjajal seluruhnya.

Karena alasan itulah, saya sangat bersyukur dengan adanya Metacritic. Ia merupakan website handal yang merangkum skor game dari media terpercaya di seluruh dunia, memudahkan kita menakar kualitas permainan berdasarkan data statistik.

Agar enak dibaca, saya hanya akan mengkategorikan game berdasarkan genre, apapun platform-nya. Saya juga tidak memasukkan permainan-permainan iOS dan versi remake (Grand Theft Auto V, The Last of Us Remastered, Metro Redux) supaya daftar tetap fokus pada judul-judul baru saja di platform home console serta PC. Ini dia:

 

Best Fighting Game: Super Smash Bros. Wii-U

Platform: Wii U. Skor Metacritic: 92 Meski ada dua versi, Super Smash Bros. untuk Wii U terbukti lebih superior. Ia adalah salah satu permainan dengan skor tertinggi di 2014. Game merangkul semua karakter-karakter ikonik Nintendo, mendukung hingga empat pemain dalam arena tanding dinamis. Super Smash Bros. mengusung gameplay dan sistem penilaian cerdas - memastikan permainan terasa asik serta adiktif bahkan bagi para pemula dan mereka yang kurang gemar ber-gaming.

Rekomendasi saya: Ultra Street Fighter IV, berdasarkan pengalaman main sekitar empat jam.

 

Best Racing/Sports Game: Mario Kart 8

Platform: Wii U. Skor Metacritic: 88Game kedelapan di seri Mario Kart dan judul eksklusif Nintendo lain yang masuk di daftar game terbaik. Mario Kart 8 dipuji sebagai permainan racing console paling menyenangkan selama beberapa tahun ke belakang, dan gamer sangat mengapresiasi perhatian Nintendo pada detail. Walau dilepas di platform kuda hitam, performa Mario Kart 8 berjalan sangat mulus, mencapai 60fps. Berkatnya, penjualan Wii U di Inggris naik 666 persen.

 

Info menarik: 5 Game Android Terbaik di 2014 Yang Harus Anda Coba

 

Best Action/Adventure: Bayonetta 2

Platform: Wii U. Skor Metacritic: 91 Lagi-lagi game publikasi Nintendo kembali merebut gelar game tebaik, kali ini di kategori action/adventure. Bayonetta 2 tidak diluncurkan sebagai judul multi-platform seperti pendahulunya. Desain permainannya sangat apik, mudah dipelajari namun butuh latihan untuk dikuasai. Anda mungkin dapat menyelesaikan Bayonetta 2 dalam 10 jam, tapi ia tetap asik dimainkan berkali-kali. Banyak orang menyejajarkannya dengan Devil May Cry 3.

Pilihan saya: Shadow of Mordor; game berlisensi The Lord of the Rings terbaik, alternatif seandainya Anda tidak mempunyai Wii U.

 

Best First-Person Shooter: Titanfall

Platform: PC, Xbox One, Xbox 360. Skor Metacritic: 86 di PC. Titanfall akan mengubah persepsi Anda tentang genre shooter. Meski tidak sebesar skala Battlefield 4 atau PlanetSide 2, game mengajak Anda berpikir secara tiga dimensi, dimana taktik dan respon cepat berperan besar dalam kemenangan (atau tewasnya karakter Anda). Titanfall menyimpan layer-layer tersembunyi yang membuat pertempuran antara manusia dan robot raksasa jadi seimbang. Dan saya telah menghabiskan 400 jam lebih memainkannya.

Rekomendasi lain: Far Cry 4, jika multiplayer kompetitif bukanlah bidang kegemaran Anda.

 

Best Independent Game: Shovel Knight

Platform: PC, 3DS dan Wii U. Skor Metacritic: 90 di 3DS. Permainan buatan Yacht Club Games ini berhasil membuktikan bahwa masih banyak ruang terobosan dalam genre side-scrolling dua dimensi. Ia mengambil inspirasi dari banyak judul-judul klasik semisal DuckTales, Super Mario Bros 3 dan Mega Man. Melalui visual 'nostalgia' sederhana dan gameplay yang sebenarnya cukup sulit, Shovel Knight mampu menyampaikan cerita dengan mengagumkan.

Anda juga harus mencoba: Broken Age, Transistor dan The Vanishing of Ethan Carter.

 

Info menarik: Ada Diskon Besar-Besaran di Humble Bundle, Game Orisinil Hanya Dijual US$ 2

 

Best Role-Playing Game: Dark Souls II

Platform: PC, PlayStation 3, Xbox 360. Skor Metacritic: 91 di PC. Bagi pecinta RPG, Dark Souls II ialah 'ritual kedewasaan' yang memisahkan gamer standar dengan gamer hardcore. Developer FromSoftware menanamkan konsep yang sangat kuat dalam permainan. Tak berbeda dari pendahulunya, di sana kematian menjadi tema utama. Dark Souls II menguji mental, dan Anda dipastikan akan kalah, tewas serta mengulang berkali-kali hingga sebuah kemenangan benar-benar terasa manis.

RPG favorit lain saya ialah Dragon Age: Inquisition dan Divinity: Original Sin. Masing-masing dengan formula permainan berbeda.

 

Best Free-To-Play: Hearthstone: Heroes of Warcraft

Platform: PC. Skor Metacritic: 88. Hearthstone merupakan permainan free-to-play sekaligus collectible card pertama Blizzard Entertainment. Setelah diumumkan di bulan Maret 2013, permintaan akan akses closed-beta ternyata membludak. Ia simpel, adiktif, menegangkan, dipuji karena memicu imajinasi pemain. Hearthstone mampu menghimpun gamer casual, penggemar card battle serta fans Warcraft. Buat sekarang, terhitung ada lebih dari 20 juta akun Hearthstone teregistrasi.

 

Berdasarkan Metacritic, ada dua permainan non-remake serta non-iOS yang memperoleh skor tertinggi: Dark Souls II dan Bayonetta 2. Di tahun ini game terfavorit saya sendiri ialah Titanfall berdasarkan lamanya waktu main, disusul Divinity: Original Sin dan Dragon Age: Inquisition. Saya menyukai Titanfall karena tiap match berlangsung cepat, pas saat santai atau sebagai selingan saat jenuh bekerja.

Sekarang giliran Anda, apa saja permainan favorit Anda di tahun 2014? Dan silakan jelaskan alasannya.

Catatan: tiap gambar diambil dari situs resmi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter