Categories

Gadget

Smartphone Masih Mendominasi Daftar Kamera Terpopuler Versi Flickr Tahun Ini

Menariknya, DSLR juga ikut mengalami peningkatan, sedangkan kamera point-and-shoot terus terjun bebas persentasenya

Glenn Kaonang - 13 December 2017

Seperti biasa menjelang pergantian tahun, Flickr selalu merilis laporan kamera terpopuler yang digunakan oleh komunitas penggunanya. Tahun lalu, 48% dari semua foto yang diunggah ke Flickr diambil menggunakan smartphone, dan tren itu terus berlanjut hingga kini.

Angkanya naik sedikit menjadi 50%, atau dengan kata lain separuh dari total foto yang diunggah ke Flickr untuk tahun ini. Peningkatannya tidak sedrastis dari 2015 ke 2016, dan hal ini dikarenakan ada jenis kamera lain yang juga mengalami peningkatan dalam hal persentase penggunaan, yaitu DSLR.

Kalau di tahun sebelumnya DSLR hanya mencatatkan angka 25%, tahun ini angkanya naik menjadi 33%. Ini menarik mengingat tahun ini sejatinya tidak banyak DSLR baru yang terkesan fenomenal, terkecuali Nikon D850 yang hampir sempurna dari segala aspek, dan terbukti menuai deretan pujian dari para fotografer (plus videografer).

Laporan Flickr ini sejatinya bisa dijadikan 'serangan balik' terhadap mereka yang bersikukuh bilang "DSLR sudah mati, sebab semua sekarang lebih memilih memakai smartphone." Tidak bisa dipungkiri, smartphone sebagai alat fotografi memang terus bertambah populer, akan tetapi DSLR masih punya pasarnya sendiri, terutama di segmen profesional.

Yang bisa dibilang 'nyaris mati' justru adalah kamera point-and-shoot, yang hanya menorehkan angka 12% tahun ini, turun dari 21% di tahun lalu. Sejumlah smartphone, seperti Google Pixel 2 misalnya, terbukti mampu menghasilkan foto yang lebih bagus ketimbang beberapa kamera point-and-shoot.

Ini saja sebenarnya sudah cukup untuk menjelaskan alasan di balik penurunan drastis ini. Saya juga tidak akan terkejut apabila dalam beberapa tahun ke depan smartphone bakal digolongkan sebagai kamera point-and-shoot, mengingat premis penggunaannya sudah sangat memenuhi kriteria kategori tersebut.

Juga menarik adalah bagaimana pertumbuhan kamera mirrorless tergolong stagnan kalau berdasarkan laporan Flickr ini. Persentasenya hanya naik dari 3% menjadi 4% tahun ini, terlepas dari cukup banyaknya kamera mirrorless baru yang fenomenal tahun ini, macam Sony A9 misalnya.

Beralih ke soal brand, Apple lagi-lagi mendominasi kategori ini. 9 dari 10 kamera yang paling sering digunakan komunitas Flickr di tahun 2017 adalah iPhone – dengan iPhone 6, iPhone 6S dan iPhone 5S menduduki tiga posisi teratas – sedangkan satu sisanya dihuni oleh Canon 5D Mark III yang menduduki posisi 9.

Dari perspektif yang lebih luas, 54% dari total 100 kamera terpopuler di Flickr adalah iPhone. Posisi kedua ditempati oleh Canon dengan 23%, sedangkan Nikon menduduki posisi tiga dengan 18%. Tahun depan bisa dipastikan smartphone masih akan terus mendominasi, apalagi mengingat belakangan ini fitur Portrait Mode mulai menjamur dan terus dimatangkan dari waktu ke waktu.

Sumber: Flickr. Gambar header: Pexels.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter