8 March 2017

by Glenn Kaonang

Daftar Kamera Xiaomi Yi yang Bisa Anda Beli Sekarang Juga

Dari action camera, kamera mirrorless, sampai kamera pengawas dan dash cam

Ketika demam GoPro melanda tanah air, cukup banyak konsumen yang memilih untuk mencari alternatif action cam yang lebih terjangkau. Dari situ nama Xiaomi Yi terus melambung, dimana action cam berwujud ringkas ini bisa dikatakan sebagai yang salah satu yang terbaik soal harga dan kualitas dibanding semua alternatif GoPro di pasaran.

Yi sendiri sekarang tidak cuma memproduksi action camera. Perusahaan binaan Xiaomi tersebut telah melebarkan sayapnya ke segmen yang lain, kamera mirrorless misalnya. Yi juga punya sejumlah kamera pengawas untuk rumahan, bahkan dash cam untuk mobil pun juga ada.

Artikel ini bermaksud untuk membahas kamera-kamera buatan Yi Technologies yang bisa Anda beli di tanah air sekarang juga, dari action camera sampai kamera pengawas beserta dash cam itu tadi. Berikut pilihannya.

Xiaomi Yi Action Camera

Xiaomi Yi Action Camera / Yi Technologies

Seperti yang saya katakan, inilah produk yang membuat reputasi Yi jadi sebesar sekarang. Ukurannya yang mini tidak bisa dijadikan patokan performanya. Yi membekalinya dengan sensor 16 megapixel buatan Sony, dan dengan bantuan prosesor Ambarella A7LS, kamera ini pun sanggup merekam video 1080p yang mulus pada kecepatan 60 fps.

Fitur-fitur pendukungnya mencakup lensa dengan jangkauan pandang seluas 155 derajat, konektivitas Bluetooth untuk pengendalian jarak jauh, Wi-Fi untuk memindah foto dan video tanpa kabel, serta mode time lapse. Kendati demikian, bagian terbaiknya tetap adalah banderol harganya.

Beli: Blibli - Rp 850.000

Xiaomi Yi 4K Action Camera

Xiaomi Yi 4K Action Camera / Yi Technologies

Revisi desain dan perombakan spesifikasi akhirnya melahirkan kamera ini. Ia masih menggunakan sensor buatan Sony dengan resolusi 12 megapixel, akan tetapi prosesor Ambarella A9SE yang terbenam memungkinkannya untuk merekam video 4K 30 fps, atau 1080p 120 fps dan 720p 240 fps jika Anda tertarik merekam aksi dalam mode slow-motion.

Pengoperasiannya mengandalkan layar sentuh 2,19 inci yang dilapisi kaca Gorilla Glass. Ukurannya memang sedikit lebih besar ketimbang Yi standar, tapi baterainya pun ikut jadi lebih besar; sanggup bertahan selama 120 menit ketika digunakan untuk merekam video 4K 30 fps.

Beli: Blibli - Rp 2.499.000

Xiaomi Yi M1

Xiaomi Yi M1 / Yi Technologies

Tidak puas 'merusak' pasar action cam, Yi ganti menarget segmen mirrorless. M1 mengemas sensor Micro Four Thirds (lagi-lagi buatan Sony) beresolusi 20 megapixel, dengan kemampuan merekam video 4K 30 fps. Micro Four Thirds, sebagai informasi, merupakan standar yang ditetapkan Panasonic dan Olympus, yang berarti kamera ini pun kompatibel dengan lensa buatan kedua pabrikan tersebut.

Panel belakangnya didominasi oleh layar sentuh 3 inci, dimana Yi menjanjikan pengoperasian semudah menggunakan smartphone. Konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi turut hadir, memudahkan proses transfer foto dan video sekaligus pengendalian jarak jauh. Tipikal Yi, harga merupakan aspek yang paling menarik darinya.

Beli: Blibli - Rp 4.700.000 (plus lensa 12-40mm f/3.5-5.6) atau Rp 6.700.000 (plus lensa 12-40 mm f/3.5-5.6 dan 42mm f/1.8)

Xiaomi Yi Home Camera

Xiaomi Yi Home Camera / Yi Technologies

Kamera pengawas ini mampu merekam video 720p 20 fps dengan lensa berjangkauan 111 derajatnya, selagi menawarkan audio dua arah berkat speaker dan mikrofon terintegrasinya. Ia dapat mengusung empat kartu microSD sekaligus yang masing-masing berkapasitas 32 GB.

Streaming via ponsel atau tablet juga dimungkinkan, dan pengguna akan menerima notifikasi ketika sensor infra-merahnya mendeteksi gerakan. Kehadiran sensor ini juga memungkinkan Yi Home Camera untuk merekam gambar yang bersih bahkan di malam hari sekalipun.

Beli: Blibli - Rp 349.000

Xiaomi Yi Dome Camera

Xiaomi Yi Dome Camera / Yi Technologies

Kalau Anda membutuhkan jangkauan pandang yang lebih luas dari 111 derajat, maka Yi Dome Camera adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, 'kepala' kamera ini dapat berputar 345 derajat secara horizontal dan 115 derajat secara vertikal, yang pada akhirnya sanggup memberikan coverage seluas 360 derajat, apalagi ketika mode Auto-Cruise diaktifkan.

Selebihnya, spesifikasinya cukup mirip dengan Yi Home, termasuk mode Night Vision dan fitur Motion Tracking. Yi Dome juga dapat dimanfaatkan sebagai sistem intercom dan dikendalikan secara hands-free.

Beli: Blibli - Rp 669.000

Xiaomi Yi Smart Dash Camera

Xiaomi Yi Smart Dash Camera / Yi Technologies

Dash cam besutan Yi ini mengandalkan teknologi ADAS (Advanced Driver Assistance System), yang berguna untuk mengenali marka jalan. Kamera juga akan merekam secara otomatis ketika insiden bakal terjadi, sekaligus beberapa saat setelahnya.

Resolusinya sendiri berada di angka 1080p 60 fps, didukung oleh lensa f/1.8 berjangkauan 165 derajat dan mode Night Vision. Perangkat mengemas LCD berukuran 2,7 inci, dan pengguna dapat mengendalikannya via aplikasi Yi Dash Cam yang tersedia di Android maupun iOS.

Beli: Blibli - Rp 809.900