Dark
Light

Daftar Lima Perangkat Wearable Paling Unik

2 mins read
September 12, 2014

Kita semua telah menjadi saksi lahirnya berbagai macam produk wearable. Perangkat wearable menggabungkan fungsi dan kecanggihan teknologi elektronik dengan aksesoris yang biasa kita kenakan sehari-hari. Gadget-gadget seperti ini menawarkan penggunanya fitur serta fungsi praktis, tapi tidak sedikit yang murni mengedepankan segi estetika.

Berbeda dari telepon atau lampu pijar, sulit mengetahui siapa pencipta wearable device, kecuali jika Anda memasukkan beberapa perangkat mata-mata seperti anting ber-microphone untuk menyadap. Tapi tahukah Anda, jam tangan kalkulator yang populer di tahun 1980-an dapat dibilang merupakan salah satu perangkat wearable pertama.

Dalam artikel ini saya tidak akan memasukkan nama-nama produsen familiar dan akan mencoba menjauhi perangkat-perangkat dengan desain umum seperti smartband dan smartwatch, juga headset VR serta kacamata pintar. Silakan duduk santai dan nikmati secangkir minuman hangat, ini dia daftar lima perangkat wearable dengan desain dan kemampuan paling unik (dan beberapa sudah bisa Anda pesan).

 

Unique Wearable Tech List 05

5. SMS Audio BioSport In-Ear Headphones
Ditenagai oleh chip canggih besutan Intel, BioSport In-Ear Headphones ialah headphone pintar dari SMS Audio pimpinan artis rapper Curtis ’50 Cent’ Jackson. Gadget ini dirancang sebagai sistem audio pribadi demi memuaskan kecintaan Anda pada musik, mengintegrasinya dengan kemampuan pembaca data biometrik tubuh untuk penggemar fitness dan olahraga.

BioSport In-Ear Headphones bekerja tanpa membutuhkan device tambahan, ia dapat mendeteksi detak jantung dan melihat aliran darah dalam kulit tanpa injeksi melalui melalui sensor optik. Hebatnya lagi, headphone tidak membutuhkan sumber tenaga tambahan, karena mampu ‘menghisap’ daya melalui kabel audio ber-jack 3,5 milimeternya.

Info produk: Intel.com

 

Info menarik: 5 Speaker Unik yang Bisa Anda Miliki Sekarang Juga

 

Unique Wearable Tech List 04

4. VivaLnk Digital Tattoos & eSkin Tattoos
Bersama Google Advanced Technology, VivaLnk mengenalkan perangkat wearable paling tipis, yaitu sebuah tato digital. Funginya cukup sederhana: untuk mengakses smartphone (Moto X) tanpa perlu memasukkan sandi. Menurut Google, Digital Tattoos akan mempersingkat waktu unlock, dan dalam prosesnya memberikan sistem proteksi yang lebih baik.

Digital Tattoos dibuat dari material fleksibel super-tipis berkualitas tinggi buatan 3M, dengan ukuran satu-inci. Ia memiliki sirkuit dan chip NFC, bisa merekat di kulit selama beberapa hari ditambah kemampuan anti-air, jadi Anda tetap dapat melakukan aktivitas sehari-hari secara normal termasuk mandi, berenang ataupun berolahraga.

Info produk: VivaLnk.com.

 

Unique Wearable Tech List 03

3. Moff
Moff adalah satu dari sedikit produk mainan pintar paling inovatif. Hadir dalam bentuk gelang, ia dimaksudkan untuk menghidupkan kembali daya imajinasi seperti saat kita kecil, ketika video game dan mainan elektronik masih sulit dimiliki. Moff dapat mengubah objek sehari-hari apapun menjadi mainan.

Anda hanya perlu memasang Moff di tangan, unduh aplikasinya di smartphone, ambil barang apapun yang bisa dijadikan mainan, lalu pilih efek suara. Ayunan penggaris plastik bisa mengeluarkan suara pedang; tiap kali Anda ‘menembakkan’ pisang, Moff menghasilkan bunyi pistol laser; atau mungkin efek suara tongkat sihir a la Harry Potter. Memanfaatkan rancangan silikon tangguh, Moff nyaman dan aman dimainkan oleh semua orang.

Info produk: Moff.mobi

 

Unique Wearable Tech List 02

2. Mota SmartRing
Mota SmartRing merupakan penjelmaan ekstrim dari konsep smartband dan smartwatch. Ia dapat melakukan berbagai hal layaknya sepupu-sepupunya yang berukuran lebih besar itu: membaca pesan singkat, email, mengakses notifikasi jejaring sosial hingga melihat panggilan telepon tak terjawab.

Didukung teknologi konektivitas Bluetooth 4.0 ‘low energy‘, Mota SmartRing memiliki layar sentuh LED berlatar belakang hitam, bisa menampilkan konten secara jelas walau berada di tempat terik, dengan body tahan banting, serta kemampuan anti-air dan anti-debu. Proses pengisian ulang baterai dilakukan melalui metode wireless charging via dock. Yang terpenting: Mota SmartRing terlihat sangat stylish.

Info produk: Mota.com

 

Info menarik: Daftar Permainan Role-Playing Modern Terbaik Untuk Platform Game Pilihan Anda

 

Unique Wearable Tech List 01

1. NeuroSky MindWave & This Place MindRDR
Kombinasi MindWave dan aplikasi MindRDR mampu merealisasikan suatu hal yang dahulu kita pikir mustahil. MindWave adalah sebuah headset dengan kemampuan mengukur dan memonitor gelombang otak. Sedangkan app MindRDR buatan This Place memiliki fungsi formulasi canggih untuk mengubahnya menjadi sistem input.

Mendapatkan ide saat membahas fungsi dasar dari perangkat wearable, tim This Place mencoba menciptakan cara revolusioner dalam mengaksesnya. Memanfaatkan headset MindWave, MindRDR menyelaraskan gelombang otak, lalu saat tersambung ke Google Glass, Anda dapat mengambil foto hanya dengan perintah di kepala.

MindRDR mampu menganalisa data otak dan menyediakan evaluasi untuk mengontrol interface tanpa interaksi fisik. Integrasi NeuroSky MindWave dan MindRDR bukan hanya mengagumkan dari segi teknologi, tapi juga merombak esensi perangkat pintar itu sendiri: memacu aktivitas otak (via meditasi dan konsentrasi), membuat penggunanya lebih ‘pintar’.

Info produk: ThisPlace.com

Previous Story

Startup Seharusnya Dukung Seruan Penghentian Praktek Penyusupan Iklan oleh Operator Telekomunikasi

Next Story

Power Bank Baru Oppo Bisa Mengisi Ulang 75 Persen Baterai Handset Dalam Setengah Jam

Latest from Blog

Don't Miss

Anker Luncurkan Soundcore Frames, Kacamata Pintar dengan Desain Semi-Modular

Soundcore merupakan sub-brand milik Anker yang secara khusus menggeluti bidang

Ray-Ban Stories Adalah Kacamata Pintar Generasi Pertama dari Facebook

Setelah lama dirumorkan, Facebook akhirnya secara resmi memperkenalkan kacamata pintar