Gadget

Daftar Smartphone Android yang Diperkaya Fitur NFC

NFC memberikan kemampuan tambahan bagi smartphone, salah satunya bisa melakukan pembayaran tanpa kartu kredit

NFC atau Near Field Communication kian lumrah dibenamkan di perangkat smartphone, terutama keluaran terbaru. Fungsinya yang serba guna dan lebih reliabel mendorong pabrikan untuk tak melupakannya ketika meluncurkan produk baru. Salah satu manfaat dari NFC adalah untuk melakukan pembayaran dari smartphone, seperti yang didukung oleh Apple Pay dan Mi Pay.

Kegunaan NFC tidak sebatas sebagai media pembayaran. Dalam kehidupan sehari-hari NFC pun dapat dipilih sebagai pengganti Bluetooth dan WiFi. Misalnya untuk mencetak foto menggunakan printer, mengunduh data foto dan video, dan bahkan sebagai alat bermain di game-game tertentu.

Sudah jelas ya apa itu NFC dan apa saja manfaatnya. Kalau begitu, mulai sekarang jika Anda bermaksud membeli smartphone baru, pastikan ada NFC di dalamnya. Beberapa model smartphone yang sudah dilengkapi NFC, antara lain:

Samsung Galaxy A3 dan A3 (2016)

Seri Samsung Galaxy A3 dan A3 (2016) merupakan smartphone yang sudah mendapatkan dukungan fitur NFC. Secara spesifikasi, Galaxy A3 mengemas laayr 4,7 inci dan jeroan prosesor quadcore 1,5GHz bersama RAM sebesar 1,5GB.

Sony Xperia C5 Ultra

Xperia C5 Ultra memang memiliki tubuh yang bongsor dengan layar 6 inci Full HD, sementara di dalam mengemas chipset dari MediaTek octa–core berkecepatan 1,7GHz yang dipadukan dengan RAM 2GB, grafis ARM Mali760 MP2 dan memori internal 16GB.

Asus ZenFone 2

Asus ZenFone 2 hadir dalam banyak varian, dan tidak semua varian sudah mengadopsi teknologi ini. Adapun yang sudah adalah semua varian Asus ZenFone 2 yang menggunakan layar 5,5 inci. Sementara untuk varian Laser 5 inci non 4G LTE masih minus NFC.

Huawei Mate 8

Seperti pendahulunya, Huawei Mate 8 masih membawa layar seluas 6 inci dengan jeroan bermodalkan chipset Kirin 950 yang merupakan buatan mereka sendiri. Huawei Mate 8 mengemas kamera utama 16MP, sementara di depan, Huawei menyematkan kamera 8MP. Sejumlah fitur fotografih mutakhir pun ditanamkan.

LG G4 dan LG G5

Dua bersaudara beda usia ini masih terbilang muda untuk urusan umur, jadi membeli salah satunya adalah pilihan yang tepat terlebih keduanya punya desain dan bekal premium. Spesifikasi lengkap LG G4 dapat Anda baca di sini, dan LG G5 di sini.

Sumber gambar header Techradar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter