Categories

Berita

Daftar Startup Terpilih dalam Program Solusi Desa Broadband Terpadu

Masing-masing peserta terpilih akan mengikuti rangkaian sesi hingga implementasi solusinya langsung di desa tertinggal

Randi Eka - 22 June 2016

Setelah melalui tahap penjurian yang ketat, dari total 238 ide yang berhasil disubmisikan pada kompetisi Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT), telah terpilih 30 ide terbaik yang berhak mengikuti rangkaian acara lanjutan dari program SDBT.

Tim juri yang melakukan seleksi merupakan para ahli di bidang Total Solution, Application Ecosystem, Rural Expert, Application Architecture, Fisheries Expert, Agriculture Expert dan ICT Community Engagement. Adapun kriteria penjurian didasarkan pada latar belakang masalah, keseuaian dan rencana implementasi.

Berikut ini adalah daftar 30 ide terpilih beserta kategorinya:

NoNama StartupKategori
18 Village, NelayanNelayan
2AngsuCorpNelayan
3e-FisheryNelayan
4ePustaka/ MfishNelayan
5JukuTech Sahabat PulauNelayan
6Senusa IDNelayan
7SINGA LAUTNelayan
8Smart FishermanNelayan
9Smart-FhiseryNelayan
10Hukaku (Hutanku Kantorku)Pedalaman
11Nusantara Beta StudioPedalaman
12Postmo-carePedalaman
13SESPedalaman
14SOS DESAKUPedalaman
15X-IgentPedalaman
168 Village, PetaniPetani
17BISOPetani
18E-TaniPintarPetani
19iGrowPetani
20iKioskPetani
21JejaringnetPetani
22KulDesaKPetani
23Layer FarmPetani
24Lelanik.tkPetani
25MyAgri Mobile Learning for FarmingPetani
26Panen.idPetani
27Second Vision CorpPetani
28SILAT MEDAN ITPetani
29Situbondo SmartPetani
30SmartVillagePetani

Selanjutnya peserta akan diikutsertakan ke dalam workshop dan menyempurnakan ide yang telah didefinisikan sebelumnya. Peserta diberikan waktu satu minggu untuk menyempurnakan ide dan mengembangkan aplikasi SDBT, yakni pada tanggal 23 - 25 Juni 2016. Selanjutnya pada 26 Juni - 9 Juli 2016, peserta akan diundang untuk mengikuti sesi bootcamp, mengembangkan prototipe aplikasi yang akan diimplementasikan.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, bahwa semua aplikasi terpilih nantinya akan mengimplementasikan langsung solusinya di lapangan. Mereka akan dihadapkan pada permasalahan riil di desa-desa yang telah terpilih menjadi obyek implementasi, sesuai dengan masing-masing bidang. Tidak hanya mengimplementasikan aplikasi semata, namun para inovator juga dituntut untuk mendampingi sampai solusi tersebut benar-benar terlaksana dengan baik.

Makna program SDBT sendiri ingin berusaha menjembatani kesenjangan di desa tertinggal dengan pendekatan modern, mencoba menyelesaikan berbagai isu publik secara cepat dan efisien dengan bantuan teknologi yang kian menyeluruh di Indonesia. Untuk memantau perkembangan dan info lainnya seputar program SDBT, kunjungi laman resminya di http://solusi.broadband-desa.go.id.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter