Tahun 2017 merupakan tahunnya otomasi, terutama dengan makin maraknya pengembangan teknologi di ranah artificial intelligence dan machine learning. Kami di DailySocial tidak hanya sekedar menulis mengenai tren otomasi tersebut. Kami menerapkan prinsip tersebut dengan sepenuh hati. Kami tidak hanya percaya bahwa kecerdasan buatan akan menjadi umum di masa depan, kami percaya kecerdasan buatan bisa menjadi umum mulai saat ini juga.

Sudah beberapa bulan belakangan DailySocial telah menguji coba beberapa produk kecerdasan buatan yang kami kembangkan sendiri. Produk kecerdasan buatan ini kami implementasikan di beberapa lapisan pengambil keputusan bisnis.

Proses Editorial

Fitur pertama yang kami coba otomasikan adalah untuk tim editorial. Tim editorial kami menerima puluhan rilis pers dari startup, sampai brand teknologi terkemuka. Tentu saja kami tidak bisa publikasi semua karena keterbatasan jumlah penulis. Dengan kecerdasan buatan, hal itu tidak lagi menjadi masalah.

Semua rilis pers yang masuk ke email kami akan diproses oleh Mas Edi, sebuah bot yang akan “membaca” rilis pers tersebut dan menggunakan NLP (Natural Language Processing) akan menentukan kalimat-kalimat mana yang penting dan memberikan output berupa 3 kalimat kesimpulan. Kalimat kesimpulan inilah yang kami publikasi di media kami. Mas Edi membuat proses editorial kami menjadi lebih efisien, dengan kemampuan mempublikasi banyak artikel yang diambil dari rilis pers yang kami terima.

Finance

Selanjutnya, kami mengotomasi departemen finance kami. Bot yang kami kembangkan, Mbak Fina, bertugas melakukan pencatatan uang keluar dan uang masuk ke dalam pembukuan kami. Semua proses sales termasuk perpajakan juga akan diproses Mbak Fina. Namun proses yang paling kritis yang bisa dilakukan Mbak Fina adalah memberikan rating terhadap proposal uang keluar.

Setiap kali karyawan atau direksi mengajukan budget untuk pembelian atau pembayaran, Mbak Fina akan memproses proposal tersebut, membandingkan dengan hasil yang didapat (ROI) dan menentukan apakah pengajuan budget tersebut di-approve atau tidak. Layaknya Finance Manager biasa, namun tentu saja muka Mbak Fina tetap lurus tanpa emosi ketika meng-approve atau menolak pengajuan budget.

Operations

Departemen operations di DailySocial mencakup semua departemen yang ada, ditambah legal dan human resource. Bot kami bernama Bang Pera dan tugasnya antara lain melakukan scraping di Linkedin dan situs portal kerja lain untuk mencari kandidat dengan spesifikasi tertentu dan melakukan kontak untuk proses penawaran kerja. Proses wawancara pun akan dilakukan via chatbot yang kami kembangkan khusus untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai calon karyawan.

Di chatbot ini, fitur NLP dan Machine Learning kami kembangkan secara maksimal untuk memberikan feel komunikasi yang natural dan seamless. Hal ini juga termasuk untuk mem-follow up daftar kerja dari setiap karyawan, memberikan peringatan deadline, termasuk memberikan makian dan umpatan ketika kualitas kerja yang dihasillkan rendah atau melewati deadline yang diberikan.

Automated CEO

Algoritma paling mutakhir tentu saja untuk posisi pengambilan keputusan paling tinggi dalam sebuah perusahaan. Bot ini namanya Bro Rama dan tugasnya adalah mengkombinasikan data statistik yang kami sudah dapatkan melalui produk DS Research, dengan data eksternal (Data.id, World Bank, BPS, dan sumber lainnya) untuk memberikan opsi dalam proses pengambilan keputusan.

Produk otomasi yang menyeluruh untuk hampir semua proses operasional perusahaan tentu saja menjadikan DailySocial perusahaan yang unik dan menunjukkan kecintaan kami terhadap teknologi. Kami percaya bahwa teknologi akan membuat segala aspek kehidupan menjadi lebih baik.

Dengan tingkat komitmen seperti itu, kami berharap bisa menjadi perusahaan yang lebih baik dalam memproduksi berita, membuat klien dan partner kami bahagia, dan tidak seperti startup kebanyakan, kami berniat untuk tetap menjadi perusahaan yang profitable. Dengan adanya proses otomasi, kami juga bisa terus mengurangi jumlah karyawan dan memastikan bot-bot kami berfungsi secara penuh, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Kecuali tahun kabisat, tentunya.

Long live bots!

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.