1. Startup

Dalam Bisnis, Keberuntungan adalah Bagian Kerja Keras

Tidak ada keberhasilan bisnis yang didapat hanya karena keberuntungan

Keberhasilan sebuah bisnis dipengaruhi banyak faktor. Mulai dari produk, pelayanan, pasar, saingan, bahkan ada yang menyebutkan juga faktor keberuntungan. Faktor terakhir yang disebut banyak dianggap berpengaruh bagi keberhasilan bisnis. Padahal banyak yang tidak mengerti bahwa di balik sebuah keberuntungan terdapat usaha keras orang-orang yang memperjuangkan bisnisnya. Mereka berusaha dan kemudian menemukan keberuntungan mereka dengan cara masing-masing.

James Caan, seorang wirausahawan dan juga seorang investor dalam sebuah artikel menyebutkan bahwa keberuntungan merupakan bagian dari sebuah perjalanan. Ia berpendapat keberuntungan adalah buah dari kerja keras, determinasi dan kepercayaan terhadap ide yang membawa perubahan. Keberuntungan tidak serta-merta datang menghampiri orang-orang yang hanya berdiam diri.

“Saya tidak percaya takhayul, saya terlalu praktis untuk itu jika saya pikir saya bisa mencapai sesuatu, saya akan pergi untuk itu dan tidak ragu saya akan sampai di sana. Saya pikir itu ciri khas seorang pengusaha sejati, menjadi pemberani. Bahwa orang yang percaya takhayul  nasib mereka berada di luar kendali mereka,” ungkap James.

Hal senada juga disampaikan Founder School for Startups Doug Richard. Ia percaya bahwa keberuntungan memegang peran dalam keberhasilan dalam sebuah bisnis, tetapi untuk bisa menjadi beruntung harus berada di posisi yang tepat. Untuk mencapai posisi tersebut membutuhkan sebuah usaha yang di dalamnya terdapat keputusan-keputusan yang saling melengkapi untuk mencapai ke suatu titik.

“Saya pikir sebagian besar orang tahu keberuntungan memainkan bagian dalam keberhasilan, bahkan jika mereka tidak membicarakan tentang hal itu. Tentu saja, tidak ada yang lebih penting dari pada perencanaan, strategi, dan memiliki ide yang baik. Tapi secara umum saya akan mengatakan bisnis yang sukses menyadari bahwa mereka beruntung,” papar Doug.

Keberuntungan memang kerap melengkapi cerita perjalanan bisnis yang sukses. Pada umumnya pendiri-pendiri sukses menyebutkan apa yang mereka capai sebagai keberuntungan untuk menunjukkan sikap rendah hati. Jika melihat lebih dekat apa yang mereka lakukan, pasti banyak titik di mana mereka kesulitan. Keberuntungan adalah bagian atau jawaban dari usaha keras.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again