Categories

Business

Dalam Tempo 24 Jam, Xiaomi Sukses Jual 1.16 Juta Unit Perangkat

Bambang Winarso - 12 November 2014

Rekor demi rekor terus dicatatkan oleh Xiaomi, kali ini mereka sukses membuat rekor baru dalam gelaran Single’s Day – hari belanja online-nya Tiongkok – dengan angka penjualan mencapai 1,16 juta unit perangkat hanya dalam waktu 24 jam. Dengan rekor tersebut, Xiaomi berhasil meraup pendapatan sedikitnya 254 juta Dollar Amerika. Wow!

Single’s Day yang sudah jadi tradisi di Tiongkok ini selalu digelar pada tanggal 11 bulan 11, tahun ini jatuh pada hari Selasa waktu setempat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, event ini melibatkan jutaan pembeli dan mengalirkan uang miliaran Dollar hanya dalam waktu 24 jam.

Xiaomi pun tentu tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Selain kesempatan untuk mendapatkan uang, Event Single’s Day juga bisa jadi momentum bagi Xiaomi untuk mengukuhkan dominasi mereka di ranah perangkat mobile.

Tak sulit untuk mengetahui hasil akhirnya, sebagaimana sudah diprediksi, sejumlah vendor dan retail sukses memecahkan rekor penjualan, salah satunya tentu saja Xiaomi. Hugo Barra yang tampaknya antusias men-posting rekor penjualan perangkat mereka melalui akun G+ dan Twitter miliknya.

Melalui akun G+ Hugo Barra melaporkan secara lengkap pencapaian demi pencapaian Xiaomi sejak menit keempat ajang Single’s Day dimana terdapat penjualan sebesar $16 juta, 4 jam kemudian naik menjadi $90 juta yang merupakan rekor penjualan Single’s Day tahun lalu.

 

Info Menarik: BlackBerry Passport, Smartphone Tercanggih Untuk Pebisnis, Mendarat di Indonesia

 

Berlanjut 12 jam kemudian, Xiaomi sudah mengantongi penjualan sebesar $163 juta dengan angka perangkat sebanyak 720.000 unit. Update terbaru Barra kemudian dilanjutkan melalui akun Twitternya yang berbunyi seperti ini.

Berdasarkan laporan terakhir tersebut, Xiaomi mengklaim telah berhasil menjual perangkat sebanyak 1,16 juta unit dan mengantongi pendapatan sebesar $254 juta hanya dalam waktu 24 jam.

Seperti yang dikutip dari TechCrunch, saat di pertengahan hari Xiaomi berhasil menjual 720.000 unit perangkat yang disebutkan terdiri dari 250.000 perangkat Mi4, 460.000 unit Redmi dan 25.000 Mi TV.

Setelah Single’s Day ditutup belum ada laporan resmi berapa jumlah akhir penjualan masing-masing perangkat tersebut. Namun angkanya sudah barang tentu sangat fantastis. Total penjualan tahun ini nyaris tiga kali lipat dari penjualan event yang sama tahun lalu.

Dominasi Xiaomi sudah seharusnya membuat vendor lain merasa terancam, terlebih saat ini perusahaan asal Tiongkok tersebut dikabarkan selangkah lagi mendapat kucuran dana segar berjumlah miliaran Dollar Amerika, apabila pertemuan mereka dengan DST mencapai kata sepakat.

Di peta persaingan saat ini, per kuartal ketiga 2014, Xiaomi disebut-sebut berada di tangga ketiga, hanya kalah dari Samsung dan Apple. Peluang untuk terus menanjak sangat terbuka, mengingat saat ini mereka baru menjual perangkat smartphone, phablet, tablet, TV, fitness band serta beberapa aksesoris. Kemudian ekspansi pasar Xiaomi pun belum merambah negara-negara potensial lain.

Sumber berita TechCrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id