Berita

Dan YouTube Pun Terdiam

YouTube sedang mencoba menjalankan sebuah strategi untuk melawan pembajakan terutama di situsnya sendiri. Mulai dari beberapa minggu yang lalu YouTube mulai menyaring konten video yang melanggar aturan copyright dengan menghilangkan audio sehingga video-video tersebut menjadi tidak bersuara. Hasilnya? Ribuan video hasil karya penggemar dan insan kreatif menjadi sebuah gambar bergerak yang membisu.

Banyak pengguna yang mengira ada yang salah dengan komputer mereka atau Flash Player di browser mereka, namun akhirnya menyadari mengenai berita ini.

Keputusan yang diambil oleh YouTube ini sangat disayangkan, karena banyak pengguna yang mendedikasikan waktunya untuk membuat karya film pendek namun harus di-mute karena permasalahan copyright yang sebelumnya tidak pernah dipermasalahkan. Kalau melihat respon dari para musisi sendiri mengenai video-video yang dibuat oleh penggemar, mereka tidak mempermasalahkan copyright karena itu adalah salah satu cara untuk membentuk komunitas mereka di YouTube.

Sepertinya sekali lagi, pengguna dibungkam oleh korporat.

sumber:mashable

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter