Gaet Akulaku, Dana Mulai Uji Coba Fitur Paylater

Gaet Akulaku, Dana Mulai Uji Coba Fitur Paylater

Kedua perusahaan sama-sama terafiliasi dengan Alibaba, melalui Ant Financial
CEO DANA Vincent Iswara pada Parade DANA 11.11 / DANA
CEO DANA Vincent Iswara pada Parade DANA 11.11 / DANA

Dana mulai gulir fitur paylater dengan menggaet startup lending Akulaku. Menurut laporan Katadata, fitur ini masih uji coba untuk sebagian kecil pengguna.

Disebutkan, untuk menggunakan layanan ini, pengguna harus mengisi data diri seperti nama, jenis pekerjaan, pendidikan terakhir, nama perusahaan, serta menyertakan foto dan identitas diri.

Lewat Dana, kemungkinan besar pengguna Akulaku bisa lebih mudah memanfaatkan limit kreditnya untuk transaksi di lebih dari 1000 merchant Dana di berbagai wilayah di Indonesia.

Baik itu dari sisi pilihan tenor maupun jangka waktu pinjaman, kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan produk yang biasa konsumen pakai ketika memakai Akulaku untuk transaksi di platform e-commerce.

Akulaku memberikan pinjaman maksimal Rp20 juta dengan pilihan tenor dari 1, 2, 3, 6, sampai 12 bulan dan bunga 2,95% per bulan.

Perusahaan juga turut aktif mengembangkan produk keuangan lainnya seperti Akulaku Offline, memungkinkan pengguna dapat membayar transaksi di merchant offline dengan limit yang ia punya di Akulaku.

Selain pinjaman konsumer, perusahaan kini mulai garap pinjaman produktif untuk pengembangan usaha para merchant online.  Di samping itu, Akulaku sendiri melengkapi produk pinjaman untuk cicilan mobil di dalam aplikasinya, rencananya akan dirilis pada akhir 2019.

Tak hanya dengan Dana, Akulaku sebelumnya juga hadir sebagai mitra pembayaran perdana di Bukalapak untuk produk BukaCicilan. Konsepnya juga kurang lebih mirip, konsumen bisa beli barang di Bukalapak, lalu mencicilnya sesuai jangka waktu yang diberikan.

Baru-baru ini, Dana mengumumkan perluasan kerja sama di bidang transportasi dengan Blue Bird untuk aplikasi My BlueBird.

Sebagai catatan, baik Dana dan Akulaku sama-sama saling terafiliasi dengan Alibaba. Dana adalah implementasi dari Alipay yang dibentuk oleh PT Elang Sejahtera Mandiri, anak usaha dari EMTEK. EMTEK sendiri punya kerja sama strategis dengan Ant Financial, pemilik Alipay.

Sementara itu, Akulaku memperoleh pendanaan untuk Seri D senilai $100 juta dengan turut masuknya Ant Financial sebagai investor baru yang masuk dalam putaran tersebut.

Kerja sama antara kedua perusahaan, membuktikan gurita bisnis Alibaba yang semakin kuat di Indonesia.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…