20 September 2016

by Bambang Winarso

Dapat Lampu Hijau, Samsung Z2 Berbasis Tizen Segera Hadir di Indonesia

Smartphone berbasis Tizen, Samsung Z2 bakal diproduksi di dalam negeri

Diperkenalkan pada bulan Agustus lalu, Samsung Z2 dengan cepat menyambangi India dan Afrika hanya hitungan hari setelah diresmikan. Samsung tak berhenti hanya di sana, smartphone Tizen pertama yang mendukung jaringan 4G LTE itu diyakini bakal segera menyapa para fans di Indonesia yang sudah penasaran.

Menurut berita yang dikutip dari TizenExpert, bahwa Samsung Z2 sudah mengantongi sertifikat layak edar dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. Lebih lanjut dikatakan Samsung Z2 yang menggunakan nomor model SM-Z200F sudah tibaย  pada 22 Agustus melalui fase pengujian dan evaluasi. Beberapa hari yang lalu status Z2 berubah, mengindikasikan fase pengujian telah usai dan Samsung Z2 hanya tinggal menunggu penerbitan sertifikat.

Sebagai informasi, smartphone Samsung Z2 yang bakal dipasarkan di Indonesia bukan dipasok dari markas besar Samsung di Korea Selatan. Melainkan bakal diproduksi langsung di dalam negeri. Adalah PT Samsung Electronic Indonesia atau SEIN yang akan bertanggung jawab memproduksi tidak hanya Z2 tapi nantinya termasuk perangkat-perangkat murah yang ada di bawah bendera Samsung. Dan pasca memperoleh sertifikat ini, Samsung Z2 bisa kapan saja mengaspal di Indonesia. Belum ada informasi harga resminya, namun kemungkinan tak akan berbeda dengan harga di India dan Afrika yakni Rp 900 ribuan.

Spesifikasi Samsung Z2

Samsung Z2 dibalut penampang layar dengan lebar 4 inci WVGA TFT yang menghadirkan fitur hiburan berupa teknologi 4G LTE Cat.4. Sementara jeroan perangkat dihuni prosesor empat inti 1,5GHz yang dipasangkan dengan RAM 1GB dan memori seluas 8GB yang masih bisa diperluas dengan tambahan microSD hingga 128GB. Di belakang ini semua ada baterai sebesar 1.500mAh yang akan menopang seluruh operasional perangkat.

Sumber gambar header Samsung.