Bertujuan untuk memberikan resep makanan yang original, lezat dan tentunya bersifat personal, hadir startup lokal terbaru, DapurKece yang didirikan oleh Rizky Syafitri selaku Founder dan CTO DapurKece. Aplikasi mobile yang memuat daftar resep pilihan langsung dari pengguna ini berangkat dari pengalaman pribadi Rizky saat baru menikah dan kesulitan untuk menemukan resep makanan yang akurat melalui mesin pencari Google. Dari pengalamannya tersebut kemudian muncul ide untuk bisa menghadirkan layanan yang  berisikan hanya resep makanan pribadi milik pengguna yang kemudian bisa diunggah di aplikasi mobile.

Berbeda dengan aplikasi resep makanan yang saat ini sudah banyak beredar, DapurKece mengklaim membuka peluang bagi pengguna untuk dapat mempromosikan resep mereka sendiri.

“Kebanyakan dari aplikasi lain yang sudah ada hanya menampilkan resep-resep yang mereka input sendiri dari CMS mereka. Kita ingin menjadikan DapurKece sebagai media sosial  dalam urusan memasak,” kata Rizky.

Sejak diluncurkan pada akhir bulan Mei 2017 lalu, saat ini DapurKece telah memiliki 135 pengguna dan 213 resep makanan. Target pengguna sendiri DapurKece berharap bisa menarik perhatian ibu rumah tangga yang baru mulai belajar memasak hingga mereka yang hobi memasak dan bersedia untuk berbagi resep.

“Memang masih sangat sedikit jumlah pengguna DapurKece saat ini, namun jika di lihat dari waktu launch-nya sekitar seminggu yang lalu, kami sangat optimis akan pertumbuhannya,” kata Rizky.

Personalisasi dan fitur premium

Saat ini aplikasi mobile DapurKece sudah bisa diunduh di platform Android. Pengguna yang ingin bergabung menjadi anggota DapurKece bisa melihat langsung resep yang ada saat ini. Sementara jika pengguna ingin berbagi resep dan berniat untuk mengunggah resep tersebut, bakal melalui proses moderasi untuk memvalidasi dan memastikan bahwa konten tersebut benar atau tidak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya resep yang tidak akurat dan bukan original milik pengguna.

“Setelah pengguna telah masuk dan melihat resep yang ada, bisa juga memberikan komentar atau menyimpan resep tersebut menjadi favorit dalam aplikasi mobile,” kata Rizky.

Di usianya yang masih sangat belia, DapurKece memliki rencana untuk menghadirkan fitur premium untuk akun berbayar serta beberapa fitur unggulan. Sementara target lainnya di tahun 2017 adalah menambah jumlah pengguna hingga 1 juta pengguna aktif.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.