Categories

Feature

Data Management System Bisa Jadi Solusi Bisnis Mengelola Data

Dinilai efektif untuk administrasi dan organisasi data dalam meningkatkan efisiensi pemrosesan

Prayogo Ryza - 25 July 2016

Data adalah satu hal yang paling disorot beberapa tahun belakang. Data dinilai mampu memberikan peran penting dalam bisnis. Tepatnya bisa membawa bisnis ke sesuatu yang lebih baik. Banyak bisnis dan perusahaan mulai berinvestasi untuk bisa mengoptimalkan penggunaan data dalam organisasinya. Salah satu solusi yang mungkin bisa diterapkan adalah mengadopsi Data Management System (DMS). Hadirnya DMS ini sedikit banyak bisa membantu beban orang-orang yang bertanggung jawab atas data-data perusahaan. Beberapa hal yang bisa dilakukan DMS ini antara lain administrasi data, organisasi data, solusi penyimpanan data, dan efisiensi dari segi pengolahan.

Pertumbuhan data di bisnis atau perusahaan memang tengah melaju dengan cepat. Produksi data mulai meningkat tajam seiring banyaknya saluran-saluran yang mendapatkan data. Untuk itu data-data harus dikelola dengan baik. DMS menawarkan solusi untuk semua itu.

DMS menawarkan sebuah sistem yang mampu mengelola dokumen dan menjamin kualitas data, termasuk dengan meningkatkan kemampuan mengorganisasi data sehingga mempermudah untuk proses-proses lanjutan, seperti pencarian, membuat aturan-aturan dasar, melacak, dan menganalisis data.

Untuk penyimpanan, DMS menawarkan solusi untuk penyimpanan data yang diklaim akan lebih baik. Meningkatnya jumlah data pasti akan diikuti dengan volume data yang terus tumbuh. DMS menjanjikan solusi untuk mengurus hambur semua dokumen bisnis yang ada. Data akan dikumpulkan, diproses, dan disimpan dalam cloud. Ini secara berkala akan mengurangi penggunaan media penyimpanan konvensional. Meski isu-isu mengenai kepercayaan dan data-data krusial harus diselesaikan di awal.

Dengan administrasi dan organisasi secara otomatis DMS menawarkan sebuah alur kerja yang lebih efisien. Kecepatan akses, proses, dan menyajikan data menjadi salah satu keunggulan dari DMS yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Untuk isu keamanan, dengan adanya kemampuan untuk membuat aturan-aturan yang ketat perihal siapa mengakses apa dalam perusahaan DMS bisa menjadi solusi untuk menambal celah-celah kebocoran data dari dalam atau dari luar. Meski ancaman-ancaman keamanan tidak bisa dicegah 100%, setidaknya DMS bisa meminimalkan hal itu.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter