9 August 2013

by wiku

Google Sediakan Iklan di Aplikasi Peta Versi iOS dan Android

Google menampilkan iklan pada aplikasi peta mereka yang telah tersedia untuk iOS dan Android. Seperti yang ditulis TheNextWeb, iklan ini muncul pada pembaruan untuk Google Maps versi Android dan iOS.

Seperti yang tampil dalam gambar di bawah, iklan akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian. Ada keterangan 'ad' kecil yang menyertai lokasi yang diusulkan. Pencarian ini berlaku pada kata kunci atau pencarian atas lokasi yang bersifat general.

Iklan lokasi yang muncul juga bisa menampilkan informasi yang lebih detail. Tinggal tap maka akan muncul infomarsi alamat, nomor telepon serta informasi lain yang diisi oleh pengiklan. Fungsinya sama ketika kita melakukan pencarian lokasi lain, namun ada keterangan 'ad' di pinggir informasi lokasi.

Tipe iklan ini bisa dimanfaatkan oleh para pengiklan untuk mempromosikan lokasi mereka di aplikasi Google Maps. Paket iklan yang ditawarkan juga bermacam-macam sesuai yang diinginkan oleh pengiklan.

Meski pencariannya general namun Google akan memberikan usulan lokasi iklan yang relevan bagi pengguna. Kehadiran iklan lokal seperti ini tentunya bisa menjadi salah satu 'bantuan' informasi yang dibutuhkan pengguna ketika mencari lokasi tertentu namun tidak mengetahui persis lokasi sebenarnya dan membutuhkan rekomendasi.

Seperti yang dikutip dari TheVerge, ini bukan pertama kali iklan disediakan Google di aplikasi peta mereka. Tetapi sepertinya pengguna tidak akan keberatan dengan tampilan iklan seperti ini, asalkan relevan.

Dalam pengumuman resmi informasi iklan di aplikasi Google Maps ini tidak disebutkan apakah ada batasan wilayah dimana fasilitas ini tersedia, tetapi berhubung fasilitas ini jadi bagian AdWords, bisa jadi lokasinya worldwide. Namun untuk lebih pasti, jika ada pembaca TRL yang tertarik memanfaatkan iklan ini, bisa melihat penjelasan resmi di sini (informasi terkait atas tautan lain yang masih berhubungan, juga bisa dibaca di sana).

 

 Sumber gambar header: Pitcha Torranin/Shutterstock.