Categories

Berita

DBS Siap Dirikan Modal Ventura di Indonesia

Sebelumnya DBS pernah berinvestasi di sejumlah startup fintech di Amerika Serikat

Marsya Nabila - 2 September 2016

Geliat pertumbuhan industri fintech Indonesia yang terus menanjak, turut memacu sejumlah bank skala besar untuk ikut berpartisipasi dengan mendirikan perusahaan modal ventura. Kali ini giliran DBS, bank terbesar Singapura.

Wacana tersebut dilontarkan oleh Tan Su Shan, Presiden Komisaris DBS Indonesia. Dia mengatakan membangun modal ventura menjadi opsi dalam penyaluran investasi bagi startup Indonesia.

“Kami sudah melihat di Indonesia, startup bisa tumbuh dengan bagus karena pasarnya besar,” ujarnya dalam acara Indonesia Fintech Festival & Conference 2016, beberapa hari yang lalu.

[Baca juga: Enam Modal Ventura Asing Berminat Beroperasi di Indonesia]

Shan mengungkapkan, sebelumnya DBS sudah pernah melakukan investasi untuk startup fintech di Amerika Serikat. Hasilnya pun memuaskan. “Mereka (startup) terdiri dari beragam bidang industri termasuk juga social enterprise.”

Pihaknya mengaku sangat takjub dengan pertumbuhan startup di Indonesia, khususnya yang dibangun oleh anak muda. Menurutnya, hal ini memacu DBS untuk ambil bagian dari ekosistem tersebut dan mendukung kaum muda yang semangat berwirausaha.

DBS juga telah menjalankan program DBS Accelerator di Hong Kong. Setiap tahunnya, DBS memilih delapan startup terbaik dari seluruh dunia. Selama 12 minggu, peserta diberikan pembekalan mengenai manajemen bisnis, permodalan, hingga akses ke pasar.

[Baca juga: BCA Persiapkan Pendirian Modal Ventura dan Layanan Pembiayaan FIFGroup Segera Bentuk Modal Ventura]

Dalam pelayanannya ke nasabah, DBS juga telah membentuk layanan fintech sendiri. DBS bertransformasi dari membangun ‘bank’ menjadi membangun ‘banking experience.’ Maksudnya, DBS bukan membangun bank secara fisik berbentuk kantor cabang, tetapi bagaimana perusahaan bisa hadir di setiap nasabah dengan mengadopsi digital banking.

Selain itu, DBS juga mulai menggarap pasar baru dengan edukasi inklusi keuangan menggunakan game online dan teknologi artificial intelligence, Chatbots (Chat Robots). Teknologi digital tersebut bertujuan membantu nasabah dan calon nasabah dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan keuangan misalnya belanja online atau membayar tagihan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter