24 April 2018

by Glenn Kaonang

Deezer Luncurkan Flow Tab, Koleksi Playlist Terkurasi yang Diperbarui Setiap Hari

Ada dua jenis playlist yang tersedia: "Inspired by" dan "Discover"

Layanan streaming musik Deezer kembali meluncurkan fitur baru bernama Flow Tab. Fitur ini merupakan kelanjutan dari fitur Flow yang sudah lebih dulu dirilis, yang cara kerjanya cukup mirip dengan Spotify Daily Mix, di mana pengguna bakal disuguhi satu playlist berisikan kombinasi lagu-lagu favorit dan lagu baru, tanpa batasan jumlah lagu.

Flow Tab yang saat ini sudah tersedia di versi terbaru Deezer untuk Android, iOS maupun web memiliki cara kerja sedikit berbeda: ketimbang satu playlist bersifat endless, pengguna bakal disuguhi dengan beberapa playlist yang berbeda, namun tetap saja yang didasari selera mereka masing-masing. Ada dua jenis playlist yang tersedia dalam Flow Tab, yakni "Inspired by" dan "Discover".

Sesuai namanya, "Inspired by" menyajikan koleksi lagu yang terinspirasi oleh sejumlah musisi yang sempat Anda dengarkan lagu-lagunya, dikelompokkan ke dalam satu genre. Setiap playlist berisikan 40 lagu dan akan terus diperbarui setiap harinya.

"Discover" di sisi lain menyajikan 40 lagu yang benar-benar baru buat Anda, yang akan diperbarui setiap minggunya. Yup, ini mirip seperti Discover Weekly milik Spotify, dan berdasarkan pengalaman menggunakan Spotify selama ini, saya paling suka dengan Discover Weekly ketimbang jenis playlist terkurasi lainnya.

Setiap lagu yang Anda temui dalam Flow Tab tentu saja dapat ditambahkan ke playlist Anda sendiri. Pengguna gratisan juga bisa menikmati deretan playlist di Flow Tab, hanya saja dalam mode shuffle. Kalau mau memilih lagu yang hendak diputar dalam suatu playlist, mereka harus berlangganan paket Premium+ terlebih dulu.

Sumber: Deezer dan The Verge.