1. DScovery

Deflasi: Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampaknya bagi Bisnis

Seperti dua sisi mata pisau, deflasi bisa berdampak positif bagi konsumen, tetapi juga berdampak negatif bagi perekonomian.

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah inflasi, bukan? Tapi, tahukah kamu jika inflasi merupakan kebalikan dari deflasi? Jika inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang secara terus menerus, maka sebaliknya, deflasi ditandai dengan adanya penurunan harga barang dalam kurun waktu tertentu.

Untuk lebih jelasnya, DailySocial.id sudah merangkumkannya untuk kamu.

Pengertian Deflasi

Dikutip dari The Balance, deflasi merupakan suatu kondis di mana mata uang mengalami peningkatan, namun harga barang justru mengalami penurunan secara terus menerus. Penurunan harga barang ini sekilas terlihat sebagai hal yang positif, namun jika terjadi secara terus menerus dapat merugikan pelaku usaha barang maupun jasa.

Ketika harga barang terus menurun, para pelaku usaha terpaksa melakukan upaya agar mampu menutupi biaya produksi maupun operasionalnya. Salah satu upayanya adalah dengan menurunkan upah pekerja hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu, deflasi biasanya sering dikaitkan dengan terjadinya resesi.

Jenis Deflasi

Deflasi dibagi menjadi 2 jenis, yakni deflasi strategis dan deflasi sirkulasi. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis deflasi.

1. Deflasi Strategis

Deflasi strategis adalah deflasi yang terjadi sebagai akibat dari adanya suatu kebijakan. Penyebabnya adalah ketika kebijakan pemerintah tidak berhasil menekan angka konsumsi masyarakat.

Umumnya, deflasi strategis terjadi ketika harga barang di pasaran sedang tidak menentu, sehingga pemerintah perlu menekan angka konsumsi masyarakat untuk menyeimbangkannya. Namun, ketika kebijakan ini tidak berhasil harga barang justru akan mengalami penurunan yang menyebabkan semakin meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat.

2. Deflasi Sirkulasi

Deflasi sirkulasi disebabkan karena kondisi yang tidak stabil pada perekonomian. Biasanya, kondisi ini terjadi pada masa transisi dari perekonomian yang stabil, seiring dengan menurunnya perekonomian.

Ketika tingkat produksi dan konsumsi mengalami ketidakseimbangan, harga barang pun mengalami penurunan secara signifikan. Selain itu, deflasi sirkulasi juga bisa disebabkan oleh produksi barang yang sama secara berlebihan.

Penyebab Deflasi

Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya deflasi. Faktor-faktor tersebut, antara lain:

1. Jumlah Uang yang Beredar Menurun

Deflasi biasanya terjadi ketika meningkatnya suku bunga, sehingga masyarakat berbondong-bondong untuk menabung uangnya di bank. Ketika masyarakat lebih memilih untuk menabung daripada membelanjakan uangnya, jumlah uang yang beredar pun akan menurun.

2. Produksi Barang yang Sama secara Berlebih

Ketika beberapa perusahaan memproduksi barang yang serupa, jumlah produksi barang akan mengalami peningkatan. Meningkatnya jumlah produksi jika tidak diiringi dengan meningkatnya jumlah permintaan tentunya akan membuat harga barang mengalami penurunan.

3. Permintaan Barang Mengalami Penurunan

Salah satu penyebab menurunnya jumlah permintaan barang adalah perilaku konsumen yang memilih untuk menghemat dan tidak membelanjakan uangnya ketika kondisi ekonomi sedang memburuk. Tentunya hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan pada jumlah permintaan dan penawaran, yang kemudian akan menyebabkan produsen terpaksa menurunkan harga produknya.

Dampak Deflasi

Bagi konsumen, deflasi merupakan kondisi yang menguntungkan, karena masyarakat dapat memperoleh suatu barang dengan harga yang terjangkau. Namun, sebenarnya deflasi cenderung menimbulkan dampak negatif terhadap bisnis dan kestabilan ekonomi.

Berikut adalah beberapa dampak deflasi bagi bisnis, yaitu:

  • Menurunnya pendapat bisnis atau usaha
  • Produksi barang menurun, karena permintaan dan daya beli masyarakat menurun
  • Beban utang semakin berat akibat bunga utang yang meningkat
  • Berkurangnya minat investasi karena kondisi tingkat jual beli sedang menurun
  • Perusahaan melakukan PHK sebagai upaya untuk mempertahankan usahanya, sehingga angka pengangguran di masyarakat semakin meningkat

Demikian penjelasan mengenai pengertian, jenis, penyebab dan dampak deflasi. Meski deflasi masih memiliki dampak positif bagi masyarakat, tetapi jika terus dibiarkan deflasi akan menyebabkan domino effect yang dapat memengaruhi kondisi ekonomi secara keseluruhan.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again