1. Startup

DeliverKong Layani Permintaan Pengiriman di Jambi

Pengiriman makanan dan pengiriman pembelian barang dari merchant lokal

Bisnis startup di Indonesia terlihat mulai merata. Banyak para pebisnis daerah yang mengubah solusi digital menjadi bisnis. Tentu dengan keragaman permasalahan di masing-masing daerah. Jambi adalah salah satu kota yang memiliki perusahaan startup yang melayani masyarakat kotanya. Salah satu bisnis startup yang tumbuh di Jambi adalah DeliverKong, layanan on demand delivery yang melayani pengiriman mulai dari barang, makanan, hingga pembelian ke merchant-merchant yang ada.

DeliverKong dengan jalinan merchant yang ada juga berfungsi sebagai marketplace yang melayani penjualan online barang-barang lokal dengan harapan bisa terdongkrak berkat pendekatan offline to online yang dilakukan.

Salah satu penggagas DeliverKong, Ronald Rusli, bercerita bahwa sejak beroperasi pada 2016 silam DeliverKong aktif menjalin kerja sama dengan mitra driver, mitra presto, dan seller untuk menambah kekuatan layanannya. Selain itu DeliverKong juga memiliki driver tetap untuk menjamin ketersediaan driver pada waktu-waktu tertentu dan lokasi yang mungkin tidak terjangkau. Perlahan tapi pasti DeliverKong mencoba menjadi salah satu layanan paling diandalkan di Jambi.

Fitur-fitur DeliverKong

Selain fitur pemesanan seperti pada umumnya pada sisi pengguna DeliverKong memberikan keleluasaan bagi para mitra restosan dan merchant mereka untuk melakukan perubahan menu, harga, maupun promo sehingga para merchant dapat memanfaatkannya untuk memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan.

DeliverKong saat ini disebut memiliki jaringan luas dalam hal teknologi ke beberapa perguruan tinggi di Jambi. Ronald menjelaskan:

“Dalam hal operasionalnya, DeliverKong melibatkan para Mahasiswa dari STIKOM DINAMIKA BANGSA baik sebagai konseptor, developer sistem. maupun kurir. Diharapkan dengan memiliki seluruh tim sendiri dari hulu sampai hilir, DeliverKong dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar lokal.”

Jambi dan harapan-harapan DeliverKong

Tumbuh dan berkembang di Jambi, kota yang belum banyak bisnis startup membuat DeliverKong tidak banyak menemui persaingan. Hanya saja DeliverKong tetap berupaya untuk terus meningkatkan kualitas teknologi dan layanannya untuk bisa menjadi pilihan utama masyarakat Jambi dalam hal kirim-mengirim.

Visi DeliverKong tidak hanya menjadikannya sebagai bisnis digital yang sukses tetapi juga membantu bisnis lain untuk berkembang dengan cara bekerja sama dengan pendekatan offline to online. Pendekatan ini diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi semua pihak, baik pengguna maupun merchant, baik restoran atau yang lainnya.

“Target kita saat ini adalah terus menambah jumlah driver, restoran, merchant sehingga para stakeholder di dalam DeliverKong dapat merasakan manfaat berdasarkan tujuan awal kita yaitu menciptakan dunia yang lebih baik dengan kemudahan dalam berbelanja,” ungkap Ronald.

Selain itu Ronald juga menjelaskan saat ini pihak DeliverKong masih berupaya untuk mengedukasi masyarakat, baik pengguna maupun merchant untuk lebih melek tentang pemanfaatan teknologi digital, dalam hal ini aplikasi mobile.

“Untuk kendala yang dihadapi adalah diperlukannya usaha untuk melakukan edukasi kepada masyarakat Jambi mengenai kemudahan bertransaksi melalui aplikasi. Kebanyakan masyarakat kita masih melakukan komunikasi dengan cara melalui chat yang sebenarnya tidak begitu efektif. Edukasi ini terus kami lakukan untuk para driver, Pemilik restoran dan merchant serta khususnya untuk para customer kami,” ungkap Ronald.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again