26 January 2018

by Bambang Winarso

Susul Acer dan Lenovo, Dell Juga Umumkan Chromebook Baru untuk Pendidikan

Dell Chromebook 5190 tersedia dalam dua konsep desain, dibangun dengan material yang kokoh dan dilengkapi USB tipe-C

Bulan Januari ini tampaknya menjadi waktu pilihan bagi sejumlah pabrikan perangkat untuk sama-sama meluncurkan perangkat Chromebook untuk pendidikan. Dell misalnya memilih ajang BETT (British Educational Training and Technology show) sebagai tempat yang tepat untuk mengumumkan satu lagi perangkat Chromebook 5000 Series yang datang dengan sejumlah pembaruan.

Dari sejumlah brand papan atas yang pernah mengadopsi Chrome OS, hanya Samsung yang belum melakukan pembaruan untuk jajaran Chromebook miliknya. Sedangkan HP, Lenovo dan Acer sudah lebih dulu mengumumkan punggawanya masing-masing sebelum Dell. Di pihak bersebrangan, Microsoft juga agresif mendorong sektor pendidikan dengan meluncurkan laptop murah berbasis Windows 10.

Seri Dell Chromebook 5190 tiba dengan dua konsep, laptop 11 inci dan 2-in-1 convertible yang bisa ditekuk dalam berbagai sudut dan diklaim mempunyai layar yang tahan terhadap goresan. Anda juga bisa menikmati rasa aman karena keyboard yang terbenam di kedua varian telah dirancang mampu menahan tumpahan air, sasis dan juga engsel yang diperkuat. DanΒ  seri ini juga menawarkan dukungan USB tipe-C yang terbilang langka untuk perangkat Chromebook.

Di sisi jeroan, Dell juga menawarkan dua opsi dapur pacu, dual core atau quad core yang sama-sama menggunakan prosesor Intel Celeron bersama dengan sejumlah opsi seperti kamera depan, EMR pens untuk goresan tangan yang lebih natural dan juga ketahanan fisik untuk meredam berbagai insiden yang kemungkinan terjadi di ruang kelas yang ramai. Dell mengklaim Chromebook 5190 miliknya tak terpengaruh meski harus menghantam lantai baja dari ketinggian 30 inci atau empat kaki ke lantai beton.

Dipasarkan mulai bulan depan, Dell Chromebook 5190 dijual mulai $289. Cukup terjangkau bagi kebanyakan orang tua yang menginginkan dukungan fasilitas yang layak bagi anaknya. Tapi, dengan perbedaan sebesar $100, Lenovo 100e dan JP Classmate Leap T303 yang dibanderol hanya $189 terlihat lebih menggiurkan.

Sumber berita Dell.