Dell XPS 15 Adalah Laptop 15 Inci Terkecil di Dunia

Masih ingat dengan Dell XPS 13 yang dirilis di bulan Februari kemarin? Laptop tersebut didapuk sebagai laptop berlayar 13,3 inci paling kecil di dunia berkat layar "InfinityEdge" yang nyaris tak memiliki bezel.

Memanfaatkan panggung Computex 2015, Dell kembali unjuk gigi dalam hal inovasinya di ranah laptop berbodi ringkas. Mereka memperkenalkan Dell XPS 15, meski sejauh ini baru berupa sedikit bocoran karena kemungkinan besar masih menunggu perilisan Windows 10. Menurut penjelasan Dell, XPS 15 ini "telah dioptimalkan untuk Windows 10".

Tentu saja yang paling mencolok dari Dell XPS 15 adalah desainnya. Sama seperti 'adik' kecilnya, XPS 15 juga mengemas layar InfintyEdge yang dikitari frame super-tipis. Berkat pengadopsian desain seperti ini, XPS 15 yang memakai layar 15 inci beresolusi QHD+ (3.200 x 1.800) ini pun tampak seukuran dengan laptop 14 inci pada umumnya.

Belum ada informasi lebih mendetail soal Dell XPS 15, akan tetapi bisa dipastikan laptop berbodi tipis ini akan mengusung prosesor Intel Core generasi kelima, Broadwell. Situs Pocket-lint menambahkan, berdasarkan observasi mereka, bahwa XPS 15 juga dilengkapi dengan sebuah port USB-C, sama seperti yang tersematkan di Apple MacBook dan Google Chromebook Pixel generasi terbaru.

Info menarik: [Computex 2015] MSI Benamkan Teknologi Unik dan Canggih Dalam Hardware Mereka

Bersamaan dengan itu, Dell juga memperkenalkan sederet produk baru untuk lini Inspiron-nya, mulai dari laptop Inspiron 5000 Series, Inspiron 15 7000 Series 2-in-1, kemudian ada AIO (all-in-one) dekstop Inspiron 20 dan 24 3000 Series, sampai rangkaian PC desktop yang menawarkan variasi konfigurasi prosesor dan kartu grafis.

Namun yang menurut saya lebih menarik adalah Dell Inspiron Micro Desktop. Sesuai namanya, ini merupakan komputer super-mungil dengan dimensi hanya 13,1 x 13, 1 cm, yang sangat ideal ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga, menyambung ke televisi via HDMI.

Ada dua opsi prosesor yang ditawarkan, yaitu Intel Celeron dual-core atau Intel Pentium quad-core. Masing-masing ditenagai RAM DDR3 berkapasitas 2 GB, SSD 32 GB dan menjalankan OS Windows 8.1. Meski berukuran kecil, Inspiron Micro Desktop masih tergolong lengkap perihal konektivitas; selain port HDMI, ada DisplayPort, 4 port USB, 3-in-1 SD card reader, ethernet, serta Wi-Fi AC dan Bluetooth terintegrasi.

Sayangnya masih belum ada informasi apakah Dell Inspiron Micro Desktop ini juga akan dipasarkan di Indonesia. Di AS dan Eropa, Dell menjajakannya dengan harga mulai $180.

Sumber artikel dan gambar: Forbes.