Categories

Gadget

Dell XPS 15 Resmi Diluncurkan, Usung Layar 4K dan Spesifikasi Beringas

Glenn Kaonang - 9 October 2015

Bulan Februari kemarin, kita sempat dibuat kagum oleh Dell XPS 13. Yang membuat laptop tersebut begitu istimewa justru adalah fisiknya, dimana ia dinobatkan sebagai laptop berlayar 13,3 inci yang paling kecil sejagat. Semuanya dimungkinkan berkat bingkai layar yang super-tipis, sehingga Dell pun sanggup menanamkan layar lebih lebar dalam ruang yang terbatas.

XPS sendiri adalah lini laptop unggulan dari Dell, dan sekarang lini tersebut sudah lengkap berkat kehadiran Dell XPS 15 generasi terbaru, yang sebenarnya sempat dipamerkan di ajang Computex 2015. XPS 15 mempertahankan segala elemen positif yang diperkenalkan XPS 13, namun dengan ukuran yang lebih besar dan jeroan yang jauh lebih bertenaga.

Desain XPS 15 sebenarnya tidak jauh berbeda ketimbang adik kecilnya, akan tetapi rangkanya terbuat dari bongkahan aluminium utuh. Permukaan bagian dalamnya, tepatnya di sisi kiri-kanan trackpad dan keyboard, memakai bahan serat karbon. Hal ini menjadikannya tetap terasa kokoh, tapi di saat yang sama juga terasa lembut di tangan.

Soal dimensi, lagi-lagi Dell mengeluarkan klaim yang cukup ambisius: XPS 15 adalah laptop berlayar 15 inci yang paling kecil ukurannya, hanya seukuran laptop berlayar 14 inci. Tebal bodinya juga tidak seberapa, hanya 11 - 17 mm. Bobotnya berkisar 2 kg, termasuk ringan jika menilik spesifikasinya yang mencakup baterai berdaya 84 WHr.

Info menarik: Tantang Apple, Microsoft Rilis Surface Pro 4 dan Surface Book

Semuanya dimulai dari layar sentuhnya yang mengemas secara total lebih dari 8 juta pixel. Yup, layar ini adalah layar 4K, dengan resolusi 3840 x 2160 pixel untuk menampilkan detail gambar semaksimal mungkin serta dukungan 100% spektrum warna Adobe RGB. Sudut pandangnya pun cukup luas berkat penggunaan panel IPS IGZO, tepatnya 170 derajat. Tingkat kecerahannya mencapai 400 nit, lebih terang ketimbang layar laptop pada umumnya.

Untuk menggerakkan jutaan pixel tersebut, dibutuhkan dapur pacu yang penuh daya gedor. Di sini, varian termahal XPS 15 yang dibekali layar 4K mengandalkan prosesor Intel Core i7 generasi keenam dan GPU Nvidia GeForce GTX 960M 2 GB. Multitasking akan berlangsung mulus berkat pemakaian RAM 16 GB, sedangkan storage-nya berkapasitas 1 TB dalam wujud SSD. Meski spesifikasinya gahar, daya baterainya diprediksi masih bisa mencapai angka 11 jam dalam satu kali charge.

Perihal konektivitas, XPS 15 masih mengemas deretan port yang cukup lengkap meski bodinya cukup tipis. Di antaranya ada sepasang port USB 3.0, sebuah port HDMI, slot SD card dan port Thunderbolt 3 yang juga merupakan port USB-C. Sistem operasi yang dijalankan tentu saja adalah Windows 10.

Dell XPS 15 akan dipasarkan dengan harga mulai $999, tapi varian ini hanya mencakup prosesor Core i3 dan layar 1080p non-sentuh. Kalau Anda mengincar varian yang mengemas layar 4K dan GPU terpisah, harga start-nya pun melonjak jadi $1.599.

Sumber: Engadget dan Dell.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter