Otomotif

Delphi dan Mobileye Kembangkan Sistem Kemudi Otomatis untuk Mobil Komersial

Dapat dipasangkan ke berbagai jenis mobil dan benar-benar bisa menyetir sendiri tanpa perlu pengawasan

Belakangan ini industri otomotif disemarakkan oleh rencana ambisius pabrikan-pabrikan yang berkaitan dengan teknologi kemudi otomatis. Uber mengumumkan bahwa mereka siap mengoperasikan armada mobil tanpa sopir mulai bulan ini juga; sedangkan Ford punya rencana untuk merilis mobil tanpa sopir, tanpa setir dan tanpa pedal gas di tahun 2021.

Kini kabar terbaru datang dari dua pemasok komponen teknologi otomotif kenamaan, yakni Delphi dan Mobileye. Keduanya telah memutuskan untuk bekerja sama mengembangkan sistem yang benar-benar bisa menyetir dengan sendirinya tanpa perlu diawasi oleh seorang pengemudi, dan rencananya akan ditawarkan ke pabrikan mulai tahun 2019.

Yup, sepertinya kita bisa menjumpai mobil tanpa sopir murni dua tahun lebih awal ketimbang inisiatif Ford. Menurut penjelasan Delphi dan Mobileye, sistem yang mereka kembangkan akan memenuhi standar kemudi otomatis Level 4 seperti yang ditetapkan Society of Automotive Engineers (SAE).

Ini merupakan standar yang sama yang menjadi rujukan Ford, dimana sistem dapat mengendalikan mobil secara penuh di berbagai kondisi jalanan, tapi tentunya dengan catatan ada lampu hijau dari pemerintah daerah. Seandainya regulasi tidak dilanggar, mobil bisa bergerak dengan sendirinya tanpa perlu ada seorang sopir di balik lingkar kemudi.

Dijelaskan pula bahwa sistem yang digunakan akan mengandalkan radar dan kamera, plus LIDAR sebagai pelengkap. Formula ini diyakini bisa menekan ongkos produksi, sehingga biaya upgrade yang diperlukan kemungkinan hanya berkisar ribuan dolar. Faktor ini penting mengingat sistem buatan Delphi dan Mobileye ini nantinya bisa dipasangkan ke beragam jenis mobil, mulai dari hatchback sampai SUV.

Untuk mengobati rasa penasaran, Delphi dan Mobileye berencana untuk mendemonstrasikan sistem besutannya pada event Consumer Electronics Show 2017 pada bulan Januari mendatang, disusul oleh tahap pengujian di jalanan. Lagi-lagi sepertinya teknologi otomotif bakal menjadi salah satu topik terhangat di CES…

Sumber: The Verge dan Delphi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter