Demi Video Orisinil, YouTube Danai Top Creator Terpilih

Guna  membantu komunitas penggunanya terutama pencipta video agar tetap kreatif dan produktif, YouTube sudah banyak memberikan dukungan lewat peluncuran beberapa program misalnya Spaces, Creator Hub dan periklanan.

Tak berhenti sampai di situ, yang terbaru YouTube kembali memberikan dukungannya lewat program pendanaan terbaru kepada pengelola channel yang dianggap pantas menerimanya.

Dalam blog post resminya, YouTube mengumumkan beberapa partner yang menerima pendanaan di bawah program kolaborasi tersebut. Antara lain Fine Brothers, Prank vs. Prank, Joey Graceffa dan Smosh serta channel yang kerap memproduksi film berdurasi panjang, AwesomenessTV.

Semua pengelola channel yang dirangkul oleh YouTube di atas akan meneruskan pekerjaan yang sudah dilakukan selama ini. Bedanya, mereka dituntut untuk menciptakan video-video baru sesuai minat masing-masing dan mengunggahnya pertama kali ke YouTube. Dengan demikian video-video yang ditampilkan hanyalah kreasi orisinil yang tidak ditemukan di layanan video lainnya.

Info Menarik: Lights Out!, Permainan Puzzle di Dalam Kegelapan

Gagasan program pendanaan untuk pengelola video pertama kali terendus media pada bulan September 2014 silam ketika Alex Carloss selaku Head of Originals YouTube menulis dalam blog post resminya terkait rencana tersebut. Tujuannya adalah untuk membantu mereka melampiaskan kreativitas dan juga menciptakan video-video original baru ke pengunjung YouTube.

Kini, program pendanaan itu sudah mulai dijalankan. Menarik untuk melihat apa yang akan dihasilkan oleh para pencipta video yang beruntung di atas dan hasilnya terhadap popularitas YouTube. Dan yang paling penting benefit dari segi finansial. Dilansir oleh WSJ, YouTube mempunyai angka kunjungan yang fenomenal, sebanyak 1 miliar tapi profit nol besar. Program langganan berbayar termasuk salah satu upaya lain yang diharapkan bisa memperbaiki kondisi tersebut.

Sumber berita Youtube-global dan gambar header nevodka/Shutterstock.