1. Lifestyle

Demi Windows 10 S, Spotify dan iTunes Bakal Singgah ke Windows Store

Konsumen tak perlu khawatir fungsionalitas Windows 10 S berkurang karena keterbatasan aplikasi

Windows 10 S ibaratnya Windows rasa iOS. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena pengguna nantinya cuma bisa meng-install aplikasi dari Windows Store saja. Sifat tertutup inilah yang sejatinya menjadi kunci atas peningkatan performa sekaligus keamanan Windows 10 S.

Kendati demikian, tidak sedikit pihak yang khawatir fungsionalitas Windows 10 S bisa berkurang karena keterbatasan aplikasi. Seperti yang kita tahu, sampai detik ini masih banyak aplikasi esensial yang belum masuk Windows Store, Spotify dan iTunes contohnya.

Kalau yang sesimpel aplikasi streaming musik saja tidak tersedia, bagaimana nasib aplikasi yang lebih kompleks dan dibutuhkan di segmen profesional? Well, Microsoft memastikan hal itu tidak terjadi. Pada event Build tahun ini, ada sejumlah pengumuman penting terkait Windows 10 S.

Yang pertama, Spotify dipastikan bakal tersedia lewat Windows Store. Selanjutnya, iTunes juga bakal singgah di Windows Store sebelum pergantian tahun. iTunes versi UWP (Universal Windows Platform) ini dipastikan punya fitur yang identik seperti versi desktop-nya selama ini, dimana pengguna tetap bisa mengakses layanan Apple Music maupun membeli konten dari iTunes Store.

Untuk aplikasi profesional, ada Autodesk yang berniat menghadirkan softwarerendering sekaligus 3D game engine mereka, Stingray, ke Windows Store. Sebelum ini, aplikasi menggambar Autodesk SketchBook sudah lebih dulu dibuatkan versi UWP-nya.

Meski secara garis besar Windows 10 S ditujukan buat kalangan pelajar, Microsoft juga tidak mau melupakan kalangan pebisnis. Hal ini terbukti dari niat SAP untuk membawa software Digital Boardroom mereka ke Windows Store mulai bulan ini juga.

Singkat cerita, sejatinya pengguna tidak perlu terlalu khawatir perihal ketersediaan aplikasi itu tadi. Kalau ternyata memang aplikasi yang sangat Anda perlukan tidak tersedia di Windows Store, Anda masih bisa meng-upgrade menjadi Windows 10 Pro dengan biaya sebesar $49.

Sumber: Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again