Dark
Light

Pengguna Kini Bisa Tahu Apakah Teman di Facebook Online Lewat Web atau Aplikasi Mobile

1 min read
November 20, 2013

Sepanjang tahun 2013 ini tim pengembang Facebook banyak melahirkan fitur-fitur baru yang semakin memperkaya jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Predikat yang melekat pada Facebook memang sudah seharusnya memberikan tekanan lebih kepada mereka untuk terus berbenah diri.

Sebut saja misalnya group album foto, embed, edit status dan tampilan tombol jempol baru adalah sebagian dari sekian banyak fitur baru yang lahir di tahun 2013 ini saja. Namun Facebook belum berpuas diri meski dalam setahun ini sederet fitur sudah ditambahkan, sebab hari senin lalu Facebook memperkenalkan sebuah fitur baru di mana sekarang pengguna bisa mengetahui seseorang online di Facebook via web PC atau via aplikasi mobile. Bagaimana caranya? Facebook menambahkan sebuah teks berwarna hijau muda yang berlabelkan “WEB” dan “MOBILE“.

Meskipun bukan tergolong penambagan fitur yang ‘besar’, tetapi keberadaan fitur ini jelas sangat membantu pengguna Facebook untuk mengindentifikasi perangkat yang digunakan teman sehingga bisa diketahui apakah teman tersebut siap untuk chat saat itu juga atau tidak.

Meskipun inbox dan chat di Facebook sudah jadi satu, tapi pengguna mobile biasanya cenderung lebih lama dalam memberikan respon pesan sedangkan pengguna web via komputer relatif lebih cepat. Status tambahan ini juga bisa dijadikan informasi tambahan apakah teman sedang di rumah atau sedang bepergian.

Pada saat diperkenalkan, fitur ini belum bisa dinikmati oleh pengguna Facebook secara global. Nah, baru kemarin akhirnya Facebook memastikan fitur ini tersedia untuk seluruh pengguna sejagat. Tampilannya seperti ini:

facebook chat status

Kejutan-kejutan kecil sepertinya masih akan terus dihadirkan oleh Facebook, apalagi muncul rumor yang menyebutkan Facebook saat ini sedang melakukan uji coba untuk menampilkan rating terhadap Facebook Pages di halaman web Facebook, di mana sistemnya tidak hanya menampilkan jumlah “like” tapi menggunakan skala bintang 1 sampai 5 sebagai alternatif.

Setelah ini, kira-kira surprise apa lagi yang akan digulirkan Facebook ya, bisa nebak?

Sumber berita Engadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Rombak Fitur Pencarian di Aplikasi iOS dan Android

Next Story

Doku Tambahkan Fitur Kirim Uang Lewat Facebook di Produk Doku Wallet

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut