Dark
Light

Dengan Gest, Tangan Anda Bisa Menggantikan Peran Mouse dan Keyboard

1 min read
November 2, 2015

Pernahkah Anda membayangkan mengetik di atas meja tanpa menggunakan keyboard sama sekali? Well, dengan perangkat bernama Gest ini, semua itu bisa jadi kenyataan.

Gest adalah sebuah perangkat wearable yang melingkari telapak tangan. Ia memiliki empat ‘cincin’ yang menyambung via kabel. Keempat cincin penjepit ini berfungsi untuk memonitor posisi dan gerakan masing-masing jari Anda berkat kehadiran accelerometer, gyroscope dan magnetometer.

Secara keseluruhan, Gest ditenagai oleh 15 macam sensor untuk mengenali berbagai macam gesture yang biasa Anda terapkan di perangkat berlayar sentuh. Selagi digunakan, Gest diklaim akan terus mempelajari bagaimana pengguna menerapkan masing-masing gesture guna mempertahankan akurasinya.

Info menarik: The Manus Adalah Sarung Tangan VR yang Dapat Membaca Gerakan Kesepuluh Jari Anda

Pada awalnya tim pengembang Gest merancang produk ini sebagai alat bantu dalam melakukan editing di Photoshop. Idenya adalah, Anda bisa menaik-turunkan slider exposure, menambah layer baru atau membesar-kecilkan ukuran brush dengan menggunakan gesture – seakan-akan Anda sedang memutar kenop sungguhan. Dengan cara seperti ini, tangan dominan Anda pun bisa terus menggenggam stylus, semisal Anda menggunakan aksesori tablet pen.

gest-02

Pun demikian, Gest juga punya potensi di bidang lain seperti virtual reality (VR). Seperti yang kita tahu, mayoritas VR headset masih mengandalkan controller standar seperti milik console. Dengan Gest, pengguna bisa mengontrol jalannya permainan tanpa harus menggenggam apa-apa.

gest-03

Selanjutnya ketika Anda mengenakan dua Gest di tangan kiri dan kanan, perangkat ini juga bisa dipakai untuk mengetik. Tentunya Gest juga melibatkan prediction software sehingga hasil ketikan Anda tidak acak-adut karena Anda tidak tahu tombol apa saja yang sudah Anda tekan.

Info menarik: GiveVision Berikan Kemampuan ‘Melihat’ Bagi Tunanetra

Tentunya tim pengembang Gest masih harus mengembangkan software development kit (SDK) agar produknya bisa kompatibel dengan berbagai aplikasi – secara default Gest bisa mengontrol Photoshop di PC atau Mac. Soal hardware sendiri, Gest mengandalkan konektivitas Bluetooth 4.0 sehingga ia bisa digunakan bersama dengan perangkat Android, iOS, PC Windows maupun Mac.

Sejauh ini Gest juga masih berupa prototipe dan belum siap untuk dirilis ke publik. Tim pengembangnya sedang mengadakan kampanye crowdfunding di Kickstarter dimana konsumen yang tertarik bisa menjadi backer dengan modal $149.

Via: Wareable.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Solu Adalah Sebuah Tablet, Mini PC Sekaligus Trackpad Bertenaga Linux

Next Story

Game Dev Gathering Prime 2015 Akan Dilangsungkan Akhir Minggu Ini

Latest from Blog

Don't Miss

Perfect Corp. Gunakan AI dan AR di Dunia Kecantikan

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sempat
PS5 Access Controller

PS5 Access Controller Rilis Global Jelang Akhir Tahun

Sony akhirnya mengumumkan spesifikasi lengkap mengenai Project Leonardo, atau yang