Categories

Gadget

Dengan Intel Sebagai Partnernya, Beragam Produk Teclast Tiba di Indonesia

Sebagai langkah awal masuk ke pasar Indonesia, Teclast fokus pada tiga tipe tablet dan satu device PC 2-in-1.

Yoga Wisesa - 17 December 2015

Indonesia sempat menempati posisi pertama di daftar negara dengan penduduk yang begitu gemar melihat layar perangkat elektronik. Jadi jangan heran jika belakangan kita menyaksikan bermacam-macam brand baru menginvasi pasar lokal. Dan di periode penutupan tahun 2015, satu nama lagi dari Negeri Tirai Bambu mencoba berkompetisi di sini. Mereka adalah Teclast.

Teclast mungkin bukanlah merek familier di telinga kita, meskipun faktanya mereka telah berkiprah di bidang consumer electronics semenjak didirikan belasan tahun silam. Teclast sadar nama mereka tidak sepopuler kompetitor, terutama di luar Tiongkok. Strategi sang produsen ialah melakukan kolaborasi bersama Intel mulai tahun 2013, hingga akhirnya ia resmi mendarat di Indonesia pada bulan Desember 2015.

Teclast 08

Dalam presentasi perkenalannya, general manager Su Wu An menjelaskan misi utama Teclast, yaitu memastikan lebih banyak orang dapat menikmati aktivitas digital. Dan pada acara pers itu, mereka mengangkat tema ‘born to redefine‘. Ada cukup banyak model produk yang Teclast umumkan – meliputi tablet, PC 2-in-1, power bank, sampai thumb drive; namun event peluncuran ini fokus pada empat tipe: X98 Pro, X16 Pro, X98 Plus dan X80 Plus. Semuanya dipersenjatai chip Intel Cherry Trail.

Teclast 10

Seperti apa device yang Teclast hadirkan ke Indonesia? Ini dia:

X80 Plus

Teclast 04

Teclast menyebutnya sebagai ‘bintang baru tablet delapan-inci’ mereka. Ia menyajikan panel IPS 1280×800-pixel, dengan sudut pandang 178 derajat. Produsen berupaya meminimalisir bingkai samping, lebarnya hanya 5,5mm sehingga mudah dioperasikan menggunakan satu tangan. Menakar dari spesifikasi hardware, X80 Plus tampaknya merupakan salah satu device entry-level. Menariknya, ia ditopang ruang penyimpanan luas buat perangkat di kelas tersebut.

Teclast 05

System-on-chip Intel Atom x5-Z8300 berprosesor quad-core 1,44GHz dan GPU Intel Gen 8 dibenamkan di tablet, dipadu RAM DDR3L 2GB. Sepertinya ada beberapa varian X80, dan X80 Plus mengusung sistem operasi Windows 10. Kinerjanya boleh jadi standard, namun memori internal 32GB eMMC dapat Anda jadikan medium penyimpanan koleksi video.

 

X98 Plus

Teclast 02

Juga merupakan produk anyar Teclast, keunikan X98 Plus terletak pada layarnya. Produsen tak ragu mengklaim bahwa tablet 9,7-inci itu dibekali teknologi Air Retina ‘orisinil’ Samsung LG-IGZO, menyuguhkan resolusi 2048×1536-pixel berkepadatan 264ppi dan dengan kecerahan 400-Lumen. Dibanding rata-rata tablet last-gen, panel 50 persen lebih terang, saturasi 14 persen lebih tinggi, lalu pemakaian daya 57 persen lebih efisien.

Teclast 12

Mirip X80 Plus, tablet menggunakan SoC Intel Cherry Trail x5-Z8300 dan berjalan di sistem operasi Microsoft Windows 10. Ia turut didukung RAM 4GB, plus storage internal eMMC 64GB Samsung dengan kecepatan akses mencapai 120MB per detik. Penyimpanan bisa ditambah 128GB lagi.

 

X16 Pro

Teclast 06

Kata pro pada nama memberi pentunjuk bahwa device ditujukan pada konsumen profesional. X16 Pro adalah tablet 2-in-1, diracik khusus buat para pebisnis. Memiliki display seluas 11,6-inci full-HD. Boleh jadi, X16 Pro juga menawarkan modul 4G opsional. Kapabilitas andalan di perangkat ini ialah fitur dual OS, bisa berpindah dari Android ke Windows 10 atau sebaliknya cukup dengan menekan satu tombol.

Transisi dari mode tablet ke PC sangat simpel, kita cukup menarik layar dari keyboard. Jika Anda merasa navigasi dengan ujung jari kurang akurat, Teclast tak lupa mengemas X16 Pro bersama stylus aktif. Tipe chip Intel Atom yang mentenagai device lebih canggih dari X80 maupun X98 Plus, yaitu x5-Z8500 – berprosesor quad-core, kecepatan mencapai 2,24GHz, plus RAM LPDDR3 4GB, dan ROM eMMC 64GB.

Teclast 07

 

X98 Pro

Teclast 01

Menurut penuturan Teclast, X98 Pro ialah tablet Windows 10 berprosesor Intel Atom x5 pertama di dunia. Terlepas dari betul atau tidaknya klaim tersebut, bundel produk memang menjanjikan. Di sisi penampilan, ia didesain supaya tampil ramping. Ketebalannya hanya 7,8mm, memanfaatkan material logam ringan, dikombinasi frame setipis 9,5mm. Komponen-komponen dan sirkuit X98 Pro juga sudah lulus sertifikasi standard internasional.

Teclast 03

Target konsumen X98 Pro cukup berbeda dari varian Plus, tablet sengaja diperuntukkan bagi khalayak high-end.Chip Intel Atom x5-Z8500, RAM 4GB, storage eMMC 64GB, dan layar 9,7-inci Air Retina ditanamkan dalam perangkat ini. Kata Teclast, ia sanggup memberikan performa gaming sekelas komputer personal. (Mereka sempat mencantumkan screenshot Battlefield 3 dan Arkham Knight di satu slide presentasi, tapi saya ragu sampai melihat langsung performanya.)

 

Teclast 11

Mengenai harga dan waktu ketersediaan, Teclast masih bersikap misterius. Mereka hanya bilang, “Dengan spesifikasi hampir serupa, produk tablet kami cuma sepertiga harga tablet Samsung. Kemampuannya tidak 100 persen sama, tapi kami yakin bisa menjangkau 90 sampai 95 persen.”

Salah satu dari empat produk di atas kabarnya akan segera dijual sebelum 2015 berakhir.

Teclast 09

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id