Categories

Mobile

Dengan iOS 10, Anda Bisa Live Stream Sesi Gaming Langsung dari iPhone atau iPad

Juga ideal dalam konteks aplikasi pendidikan

Glenn Kaonang - 16 June 2016

Apple sudah menyingkap iOS 10 beserta fitur-fiturnya yang paling menarik. Namun tentunya iOS 10 masih mengemas lebih banyak lagi fitur baru daripada yang bisa Apple presentasikan selama acara keynote WWDC 2016 kemarin. Salah satunya adalah fitur live streaminggame serta aplikasi.

Fitur ini dimungkinkan berkat penyempurnaan API ReplayKit yang Apple perkenalkan bersama iOS 9 tahun lalu. Di iOS 10, ReplayKit kini turut dibekali kemampuan live streaming, memungkinkan pengguna untuk menyiarkan apa saja yang tampil di layar iPhone dan iPad-nya, misalnya ketika mereka sedang bermain game.

Bersamaan dengan itu, fitur ini juga akan mengaktifkan mikrofon dan kamera depan perangkat agar pengguna bisa menambatkan tampilan video wajah beserta audio ala gaming vlog yang biasa kita jumpai di YouTube. Tidak cuma untuk gaming, fitur ini juga akan membawa manfaat pada aplikasi-aplikasi pendidikan.

Tentunya penerapan fitur live streaming ini membutuhkan peran dari para developer aplikasi. Pun begitu, Apple mengklaim bahwa pihak pengembang hanya perlu menambahkan sejumlah baris kode pada aplikasinya untuk menerapkan fitur ini, dengan catatan mereka sudah menggunakan API ReplayKit sebelumnya.

Saat iOS 10 dirilis di bulan September - Oktober nanti, bisa dipastikan sudah ada cukup banyak aplikasi yang mendukung fitur live streaming ini. Jadi sekarang kita tinggal berharap iPhone 7 nanti datang mengusung kamera depan yang lebih mumpuni ketimbang iPhone 6S.

Sumber: 9to5Mac.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter