23 March 2015

by Yoga Wisesa

Dengan Konektivitas Luas, Wearable Computer Hiris Bisa Beradaptasi Sesuai Kebutuhan

Di wilayah pribadi dan bisnis, adopsi teknologi wearable sedang berada di momentum terbaiknya. Ia dijanjikan sebagai ekstensi dari perangkat yang kita bawa sehari-hari. Buat sekarang, kemampuan smartband/smartwatch masih terbatas serta biasanya didesain untuk fungsi khusus. Meski dapat mengolah data, mereka belum layak disebut 'wearable computer' sejati.

Bayangkan jika cuma dengan mengenakan smartwatch, Anda bisa melakukan beragam hal: mengendalikan drone serta lampu di rumah, menjadi sistem input ketika menikmati game, memantau kondisi fisik tubuh, hingga memeriksa kesehatan orang lain. Demi membawa konsumen sampai di sana, developer Circle Garage asal Itali memulai proyek Hiris, sebuah alat yang dijanjikan mampu menyederhanakan hidup kita.

Hiris bermanfaat dalam beragam kegunaan dan dirancang supaya dapat beradaptasi sesuai kebutuhan masing-masing konsumen, misalnya sebagai asisten pribadi, notifikasi, melacak target fitness atau diet, menemani kita saat bertualang, serta mendeteksi detak jantung dan suhu tubuh. Dengan Hiris, kita juga dipersilakan mengakses perangkat lain. Anda tinggal melakukan instruksi berbasis gesture.

Info menarik: LG Watch Urbane LTE Perkuat Jajaran Perangkat Wearable LG di MWC 2015

Satu contohnya ialah mengontrol kamera action GoPro. Hiris memungkinkan Anda mengaktifkan app tanpa perlu menanggalkan sarung tangan, sewaktu asik bersepeda atau berarung jeram. Beberapa layanan dan device yang didukung Hiris antara lain adalah Spotify, Philips Hue (atau lampu-lampu pintar sejenis), mampu berfungsi menjadi controller drone Parrot AR2.0, kemudian segera diperluas ke Nest Thermostat dan IFTTT.

Keleluasaan fitur dan kecanggihan hardware tidak akan lengkap tanpa topangan software serta konten. Untuk itu, Circle Garage tak lupa menyiapkan platform app store bernama Hiris Store. Aplikasi-aplikasinya kompatibel dengan iOS, Android dan Windows.

Memiliki layar 0,8-inci dengan dimensi tubuh 20x12,25 milimeter serta bobot 42 gram, Hiris bisa dikenakan di manapun, secara casual maupun sporty berkat bermacam-macam jenis strap dan mounting. Ia dibekali sensor tekanan, depth of field, temperatur, kelembaban, detak jantung, fitur Air Touch, konektivitas Bluetooth Low Energy, Wi-Fi, ditenagai tiga prosesor 32Bit uC. Penyimpanan menggunakan microSD dan baterai diisi ulang via teknik wireless charger - bertahan sampai empat hari.

Program penggalangan dana Hiris telah memasuki tahap lanjutan di situs crowdfundingIndie Gogo. Versi early bird bisa dibeli seharga US$ 164, sudah termasuk unit Hiris Core, strap, charger wireless dan kabel MicroUSB.