1. Lifestyle

Dengan Landscape Game, Agate Studio Mengajak Kita Melestarikan Lingkungan

Dibuat sebagai sarana rekreasi interaktif, melalui formula jitu, video game juga bisa menjadi medium pembelajaran menyenangkan. Berpedoman dengan pendekatan ini, ada yang spesial dari permainan terbaru Agate Studio. Karya digital tersebut adalah hasil kolaborasi sang studio asal Bandung itu dengan seorang peneliti sekaligus profesor agrikultur IPB.

Pada tanggal 3 Desember kemarin, Landscape Game diluncurkan, sembari memberi kita pertanyaan: Apa yang akan Anda lakukan seandainya diberi modal dan kendali atas kekayaan alam? Konsep tersebut diadaptasi oleh Herry Purnomo dari Center for International Forestry Research dan tim Agate dalam sebuah permainan board serta pengelolaan ekonomi a la Monopoly.

Namun ketika Monopoly hanya fokus pada profit, Landscape Game menantang Anda untuk menyeimbangkan kegiatan pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Game juga mencontohkan beberapa metode realistis agar keuntungan tetap diperoleh, tetapi tidak mengorbankan alam sekitar. Tak cuma ditentukan oleh besarnya aset, permainan juga akan menghitung kontribusi pemain terhadap lingkungan: pengurangan emisi, penyediaan pangan, dan lain-lain.

Dalam Landscape Game, akan ada pilihan yang harus dibuat. Contohnya, membabat pohon untuk memperoleh keuntungan besar, atau menjaganya; menggundulkan hutan demi membuka perkebunan kelapa sawit, atau membuka wisma-wisma ramah lingkungan. Mengabaikan kelestarian alam membuka resiko kerugian besar saat terjadi bencana alam.

 

Info menarik: Untuk Pertama Kalinya, Ajang Megaxus Olimpiade Didukung IeSPA

 

Fitur unik di Landscape Game ialah satu gamer dapat bermain sebagai Pemerintah - berperan memberikan insentif, subsidi, mengatur pajak serta menerapkan beragam regulasi untuk menjaga keseimbangan antara konservasi dan pengembangan. Pemerintah bisa diibaratkan seperti Gamemaster di permainan-permainan role-playing atau Bank di Monopoly. Tak heran, mengingat latar belakang Landscape Game yang berawal dari board game.

Landscape Game sebenarnya dibuat pada tahun 2008 dalam bentuk mainan fisik, menggunakan papan, bidak dan dadu. Ia populer di kalangan akademisi, aktivis organisasi non-profit, serta komunitas peduli lingkungan, baik di Indonesia maupun internasional. Permintaan semakin tinggi, dan Center for International Forestry Research kewalahan. Akhirnya mereka memutuskan untuk menciptakan versi digitalnya.

Game ini dapat dinikmati sendiri atau bersama-sama hingga lima orang. Satu match berlangsung antara 30 menit sampai dua jam. Anda bisa mengunduh Landscape Game dari Google Play untuk device Android, atau memainkannya langsung di situs CIFOR.org via browser.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again