18 June 2014

by Yoga Wisesa

Dengan oPhone DUO, Anda Bisa Saling Berkirim Aroma via Smartphone

Sedikit tantangan untuk Anda: dapatkah Anda definisikan harum bunga mawar, bau roti hangat yang baru keluar dari panggangan, atau seperti apa parfum yang Anda gunakan hari ini? Bau dan aroma merupakan hal yang sulit dijelaskan baik dengan lisan, tulisan dan gambar visual. Dan menjelaskan aroma suatu hal ke rekan chatting Anda terbukti hampir mustahil...

Seorang profesor universitas Harvard bernama David Edwards mencoba memecahkan penghalang tak terlihat tersebut dengan sebuah perangkat baru. Menggunakan kombinasi hardware dan aplikasi mobile, ia dan tim mahasiswanya berhasil menciptakan oPhone DUO - sebuah device messaging yang memungkinkan pengguna saling berkirim aroma walaupun terpisah jarak yang jauh.

Perlu diingat, oPhone bukanlah smartphone. Ia adalah alat yang mampu mengeluarkan berbagai macam jenis bau, dan Anda mengontrolnya dengan menggunakan aplikasi. Sebenarnya konsep 'aromatic messaging' bukanlah hal yang baru. Berbagai perangkat seperti Smell-O-Vision, Odorama, iSmell telah diperkenalkan sebelumnya, tapi gagal begitu saja. Mengapa demikian?

Tantangan terbesar dari konsep aroma adalah mereka mudah hinggap dan berbaur, menempel di berbagai objek dan tak mudah hilang. Jika Anda baru mencium bau kupasan jeruk, akan sangat sulit bagi Anda untuk mencium bau kopi ataupun coklat yang tersaji berikutnya, tanpa tercampur baur. Aroma memang mampu menciptakan atmosfer, namun mereka sulit digunakan sebagai medium untuk menjelaskan sesuatu yang lebih konkret dibandingkan gambar, kata dan suara.

 

Info menarik: KOR-FX, Aksesori Rompi Canggih Pelengkap Dalam Menikmati Video Game

 

Solusi yang oPhone berikan cukup berbeda. Ia bisa mengolah lebih dari 300.000 ribu aroma unik yang disajikan dalam cartridge kecil bernama oChip. Bagian ini dapat direproduksi dengan biaya murah, dan untuk melakukan fungsinya oPhone DUO memanfaatkan delapan buah oChip yang masing-masing menyimpan 4 jenis bau. Jadi terdapat 32 aroma 'primitif' dalam satu kombinasi.

Anda bisa menggantinya dengan bau-bauan lain yang sudah disiapkan. Kemudian dengan menggunakan aplikasi oSnap, Anda dapat mengkombinasi aroma bak menggunakan palet cat warna. Dan cartridge oChip dapat bisa digunakan hingga beberapa ratus kali pemakaian. Aplikasi oSnap baru tersaji untuk iDevice, dan Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Apple store.

Teknik inovatif lain yang membuatnya bekerja optimal adalah penyajian aroma yang diperhitungkan. oPhone hanya mengeluarkan bau dalam jumlah kecil - tidak berlebihan - tapi cukup bagi pengguna untuk mengidentifikasinya.

Sang developer berharap bahwa oPhone dapat menjadi sebuah platform baru dalam berkomunikasi, dan berfungsi untuk berbagai kebutuhan khusus seperti saat menyiapkan hidangan atau berbelanja bahan makanan, hingga cara menjelaskan seperti apa rasanya berjalan-jalan di luar rumah saat musim gugur.

 

Info menarik: Frank Anthony, Celana Pantai Berteknologi Nano Anti-basah?

 

Tim pencipta oPhone DUO memulai kampanye crowdfunding mereka di Indie Gogo semenjak tanggal 16 Juni kemarin. Jika Anda ingin agar proyek tersebut terealisasikan, silakan bantu proses penggalangan dananya sebelum tanggal 31 Juli 2014.

Dan ini dia video presentasi oleh Profesor David Edwards.

Via: Ubergizmo. Sumber gambar: Indie Gogo.