1. Lifestyle

Dengan Satu Casing Moscase, Anda Bisa Tambahkan Bermacam Fungsi pada iPhone 6 Anda

Selain menjadi pelindung bagi smartphone, apa manfaat lain dari sebuah casing? Casing bisa meminjamkan ‘talenta’ Spiderman pada smartphone, mengubahnya menjadi miniatur Batmobile atau menyulapnya menjadi nunchaku. Kalau boleh jujur, mungkin satu artikel belum cukup untuk menjelaskan manfaat yang bisa diberikan sebuah casing.

Di saat yang sama, ada sebuah proyek Kickstarter yang mencoba menawarkan bermacam fungsionalitas melalui satu jenis casing saja. Produk tersebut bernama Moscase, dan ia berencana menghadirkan sejumlah kejutan bagi para pemilik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Dari segi fisik, Moscase tampak tidak jauh berbeda dari casing berjenis bumper seperti biasanya. Namun ada bagian yang menonjol di bawahnya, mengindikasikan bahwa ia perlu disambungkan dengan port Lightning milik iPhone 6 untuk menghadirkan fungsionalitas-fungsionalitas baru.

Info menarik: HiFi-Skÿn, Casing Smartphone Khusus Pecinta Musik Sejati

Lewat konektivitas Lightning tersebut, Moscase ingin mengubah iPhone 6 Anda menjadi sebuah health tracker yang komplet. Di dalamnya telah tertanam sejumlah sensor, seperti sensor optik yang mampu memonitor laju jantung dan kadar oksigen dalam tubuh melalui pergerakan darah di pembuluh arteri yang terletak pada jari.

Kemudian ada pula sensor pintar yang mampu mengukur kadar stres maupun persentase lemak tubuh hanya dengan meminta Anda menggenggam ponsel. Pihak pengembang Moscase juga tidak lupa menyematkan sensor panas yang mampu mengukur suhu dari 0 sampai 100 derajat Celsius.

Semua data akan disimpan di dalam Moscase App. Aplikasi pendamping ini juga dapat mengambil data dari aplikasi Health bawaan iOS 8 serta sejumlah aplikasi health populer lainnya.

Info menarik: InkCase Plus, Casing Smartphone Dengan Teknologi E Ink Sebagai ‘Layar Kedua’

Namun Moscase tidak berhenti sampai di situ saja. Pihak pengembangnya juga memperkenalkan konsep modular dengan sederet pelat belakang (backplate) yang bisa dilepas-pasang dengan mudah. Backplate ini akan memberikan sejumlah fungsionalitas baru terhadap iPhone 6 Anda.

Selain backplate penutup biasa, awalnya mereka memperkenalkan lima jenis active backplate: Breathalyzer, Rocker, Collector, Booster dan Reader. Masing-masing menawarkan fungsi yang berbeda-beda.

Breathalyzer mampu menganalisa kadar alkohol dalam tubuh Anda melalui nafas yang Anda hembuskan. Rocker dapat mendongkrak performa audio iPhone 6 Anda melalui sepasang speaker berukuran besarnya.

Collector dapat menyulap bagian belakang iPhone 6 Anda menjadi sebuah panel surya. Booster adalah penambah daya tahan baterai dan kapasitas penyimpanan. Terakhir, Reader akan menambahkan layar e-paper yang irit daya untuk keperluan Anda membaca.

Semua fungsi ini akan diatur oleh sebuah microcontroller yang terletak di bawah sambungan Lightning milik Moscase. Tanpa menambah kompleksitas, iPhone 6 atau iPhone 6 Plus Anda tetap bisa di-charge secara langsung meski sedang dibalut oleh Moscase.

Kampanye Moscase di Kickstarter saat ini masih berlangsung. Pledge terendah senilai $133 akan memberikan Anda sebuah Moscase dan backplate penutup biasa, dengan 8 pilihan warna. Active backplate dengan berbagai fungsinya akan dijual secara terpisah seharga $79 - $99.

Sumber: Kickstarter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again