7 November 2013

by DailySocial

Dengan Tujuh Juta Pengguna Stiker SMS, XL Hadirkan Stiker Line

SMS semakin hari semakin ditinggalkan konsumen mobile dengan hadirnya berbagai macam aplikasi pengirim pesan dengan bermacam-maca rupa dan keunggulan. Walau begitu, XL Axiata yang memiliki layanan stiker SMS tetap ingin mendorong penggunaan SMS oleh pelanggannya dengan bekerjasama dengan Line dalam menghadirkan stiker-stiker yang sebelumnya hanya terdapat di aplikasi Line.

Seperti yang disampaikan langsung oleh XL Axiata dalam press release yang dikirimkan ke redaksi kami pada hari Senin (4/11), pengguna yang masih setia dengan layanan SMS kini dapat saling berkirim stiker dengan karakter-karakter populer dari Line yang dapat dikirimkan kepada seluruh pengguna dengan skema berlangganan

Tujuannya tentu jelas. Dikutip dari keterangan resminya, operator telekomunikasi yang baru saja membangun platform jejaring sosial Keeta ini tentu ingin menghadirkan layanan yang populer di Line tersebut untuk dapat dinikmati oleh seluruh pelanggannya secara tak terbatas, termasuk bagi mereka yang belum atau tidak menggunakan aplikasi Line atau pun perangkat smartphone.

Revie Sylviana selaku General Manager Digital Entertainment XL Axiata berkaitan dengan hal ini mengatakan XL Axiata bersama Line melalui layanan kirim stiker via SMS ini ingin menyentuh pelanggan secara luas tanpa ada batasan apa pun untuk dapat menikmati layanan ini. “Stiker Line di SMS ini benar-benar merupakan inovasi XL, yang mengaplikasikan teknologi baru pada layanan SMS, yang sudah sangat dikenal pelanggan dan masyarakat luas. Dengan begitu, kini semua pelanggan XL, termasuk yang belum menggunakan smartphone, bisa merasakan asiknya menggunakan stiker pada SMS. XL menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan yang sangat digemari kalangan anak muda ini,” ujarnya dipress release tersebut.

Fenomena stiker di aplikasi-aplikasi penyedia layanan singkat memang dikenal sebagai layanan yang “wajib” hadir di setiap aplikasi-aplikasi tersebut karena fiturnya yang tentu banyak digemari oleh jutaan pengguna. Dari mulai yang gratis hingga berbayar sekalipun, ilustrasi unik dari stiker-stiker ini selalu mendapat respon yang sangat baik, tak heran jika beberapa kali dilaporkan nilai revenue dari penjualan stiker baik itu di Line, KakaoTalk, dan lain sebagainya kerap mendatangkan nilai yang cukup besar. Bagi Line sendiri, kehadiran fitur stiker juga dipercaya sebagai faktor yang meningkatkan popularitas dari aplikasi mobile messaging garapan Naver ini.

Bagi para pelanggan yang ingin menggunakan stiker SMS, XL menghadirkan skema langganan yang berkisar dari Rp 330 per hari hingga Rp 5000 per 30 hari. Bagi yang tidak ingin berlangganan, biaya yang dikenakan adalah Rp 100 per stiker. Menurut XL, kini telah ada tujuh juta pelanggannya yang mengunakan layanan stiker SMS sampai bulan Oktober, dari total 57 juta pelanggan XL.

[image credit]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.