9 September 2014

by Yoga Wisesa

Dengan WB Play, Warner Bros. Coba Ciptakan Platfrom Distribusi Digital a la Steam & Origin?

Tidak bisa dipungkiri, langkah Valve mengenalkan Steam ke publik akhirnya menginspirasi banyak pihak untuk turut meluncurkan platform distribusi digital mereka sendiri. Anda dapat berbelanja di GOG.com, di Origin buatan EA atau di uPlay dari Ubisoft. Dan ada indikasi bahwa Warner Bros. berniat untuk berkecimpung dalam bidang itu melalui platform bernama WB Play.

Melalui analisa lengkap, The Escapist Magazine melaporkan kronologi bagaimana berita tersebut muncul dan menyebutkan nama WB Play. Bulan lalu Warner Bros. mengajukan pendaftaran merek dagang WB Play dengan layanan meliputi 'komoditas virtual downloadable, instruksi dan panduan strategi elektronik, hingga software permainan komputer' dan lain sebagainya.

Di laman lainnya, WB Play dideskripsikan sebagai, "Layanan online store retail yang menjual komoditas di dalam permainan serta layanan komersil elektronik yang menyajikan informasi tentang permainan komputer dan video game melalui jaringan telekomunikasi untuk fungsi pemasaran." Nama domain WBPlay.com sendiri sudah diregistrasi semenjak tahun 2013.

 

Info menarik: Warner Bros. Sedang Memproduksi Film Space Invaders?

 

Pentunjuk lain dapat Anda lihat langsung melalui situs Shadow of Mordor - permainan terbaru Warner Bros. Interactive dari franchise The Lord of the Rings. Setelah mengkonfirmasi tanggal lahir, silakan lihat pojok kiri atas website. Di sana ada logo WB Play serupa dengan gambar header artikel ini. Tapi untuk sekarang, ia belum bisa diklik (selain link di sebelah kanannya untuk login atau menciptakan akun).

Tanda-tanda di atas merupakan bukti yang mencukupi bahwa Warner Bros. memang sedang menyiapkan sesuatu. Tapi pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana mereka mengeksekusinya dan adakah fitur baru di dalamnya? Selama ini, publisher Warner Bros. Interactive mengusung layanan Steam dalam merilis permainan-permainan mereka.

Bertambahnya jumlah penyedia layanan distribusi digital memang memberikan pilihan lebih banyak pada konsumen, tapi hal tersebut dapat memunculkan masalah. Ambil contohnya Origin: EA telah meninggalkan Steam dan kini hanya mempublikasi game mereka secara eksklusif di sana. Tanpa integrasi kedua platform, user direpotkan oleh registrasi akun dan kartu kredit. Terkadang karena masalah kompatibilitas, hal tersebut juga malah mensegmentasi gamer.

 

Info menarik: Penasaran Dengan Batman: Arkham Knight? Ini Dia Demo Gameplay-nya

 

Atau apakah WB berniat meniru uPlay yang terhubung dengan Steam? Langkah ini lebih baik dibanding pendekatan Origin, tapi tetap saja Anda harus mendaftarkan akun lagi. Kendala lainnya adalah, jika tiap publisher meluncurkan platform mereka masing-masing, akan ada banyak aplikasi launcher terinstal di PC Anda.

Middle-earth: Shadow of Mordor ialah permainan karya developer Monolith Productions, rencananya akan dirilis tanggal 30 September nanti di platform PC, Xbox One, PlayStation 4, Xbox 360 dan PlayStation 3. Cukup banyak game yang rencananya dipublikasi Warner Bros. Interactive di waktu dekat, tapi hanya beberapa franchise yang menjadi judul eksklusif. Dan menanggapi hal itu, saya penasaran apa langkah WB selanjutnya.

Dan apakah WB Play diluncurkan sebelum Shadow of Mordor tiba?