26 March 2015

by Glenn Kaonang

Denon AH-GC20, Headphone Premium yang Mengandalkan Konektivitas Nirkabel dan Noise Cancellation

Konektivitas wireless dan teknologi noise cancellation adalah dua aspek yang cukup diprioritaskan oleh konsumen headphone masa kini. Satu demi satu pemain lama di dunia peralatan audio turut bermigrasi ke ranah ini, tidak terkecuali Denon.

Perusahaan Jepang yang berdiri di tahun 1910 tersebut memperkenalkan anggota terbaru dari lini headphone nirkabel Globe Cruiser miliknya, Denon AH-GC20. Produk ini pun melengkapi lini tersebut, dimana konsumen kini mendapat pilihan headphone berjenis over-ear (Denon AH-GC20), on-ear (Denon AH-NCW500) dan in-ear (Denon AH-W200).

Seperti yang sudah saya sebutkan, Denon AH-GC20 ini memiliki earcup berukuran cukup besar yang dapat membungkus telinga secara penuh. Di dalamnya telah bernaung sepasang driver berukuran 40 mm yang diklaim mampu menghasilkan suara dengan keseimbangan tone yang alami.

Info menarik: [Review] Headphone Jabra Evolve 80

Melihat gambarnya, sepintas headphone ini tampak seperti perpaduan antara Sony MDR–10RBT dan Parrot Zik 2.0. Pun begitu, Denon AH-GC20 memakai komponen aluminium di sebagian tubuhnya, memunculkan aura premium dari balik wujudnya yang minimalis.

Konektivitas nirkabelnya ditopang oleh teknologi Bluetooth 4.0 dengan dukungan codecaptX, yang diyakini bisa meningkatkan kualitas suara terlepas dari kompresi data yang dilakukan dalam proses transfer data melalui Bluetooth.

Terkait teknologi noise cancellation-nya, Denon AH-GC20 memanfaatkan sepasang mikrofon untuk melenyapkan suara dari luar. Komponen ini juga didukung oleh sistem noise reduction bernama cVc (Clear Voice Capture), echo cancellation, wind noise reduction, adaptive equalization, automatic gain control dan kontrol volume berdasarkan kebisingan area sekitar.

Headphone ini juga bisa di-pair dengan dua perangkat sekaligus – smartphone dan tablet misalnya – sehingga penggunanya bisa berganti sumber audio dengan mudah tanpa harus melakukan pairing ulang.

Info menarik: BeoPlay H8, Headphone Nirkabel Premium dari Bang & Olufsen

Soal daya tahan baterai, Denon AH-GC20 diyakini mampu beroperasi hingga 20 jam nonstop, dan charging bisa dilakukan viaport micro USB hanya dalam waktu tiga jam. Saat baterainya habis, penggunanya bisa memanfaatkan kabel audio standar dengan konektor 3,5 mm atau 6,3 mm.

Denon AH-GC20 rencananya akan dipasarkan mulai bulan April 2015 dengan harga ritel $399 (± Rp 5,2 juta). Disertakan pula carrying case dalam paket pembeliannya, dimana headphone ini bisa dilipat layaknya seorang contortionist (manusia karet) dan dimasukkan ke dalamnya.

Sumber dan gambar: Ecoustics serta PRdenon