Categories

Mobile

ARCore Lahirkan Deretan Aplikasi Augmented Reality yang Menarik untuk Android

Bukan cuma di kategori gaming saja

Glenn Kaonang - 21 March 2018

ARCore baru dirilis sebulan yang lalu, akan tetapi developer sudah dengan cepat membuahkan hasil. Google mencoba menyoroti beberapa yang sangat menarik perhatian, tapi yang terpenting, deretan aplikasi augmented reality ini tidak terbatas pada kategori gaming saja.

My Tamagotchi Forever

Di segmen gaming sendiri ada tiga yang bisa dibilang penuh intrik. Yang pertama adalah keluaran Bandai Namco ini, di mana pemain diajak untuk bermain Tamagotchi, tapi dengan imbuhan elemen city building. Membangun kota virtual-nya (dinamai Tamatown), tentu saja berlangsung dalam tampilan augmented reality – bisa di atas meja makan atau di mana saja ada permukaan datar.

Tamatown ini tentunya juga bisa dieksplorasi. Anda bahkan bisa mengajak Tamagotchi peliharaan untuk bermain petak umpet di kota virtual itu.

Walking Dead Our World

Walking Dead dalam bentuk game bukanlah barang baru, akan tetapi sebelum ini Anda mungkin tidak membayangkan bakal menghadang serangan zombie di gang belakang rumah. Augmented reality siap mewujudkan fantasi liar itu, dan yang lebih menarik, game ini rupanya juga memanfaatkan API Google Maps.

TendAR

Sepintas terkesan aneh, akan tetapi karakter utama dalam game ini, yakni seekor ikan bernama Guppy, rupanya bisa merespon terhadap ekspresi wajah orang-orang di sekitarnya. Guppy bahkan harus bertahan hidup dengan mencaplok emosi seseorang, tapi hati-hati, karakteristiknya akan berubah sesuai dengan yang dimakan.

Masih kedengaran aneh? Tidak apa-apa, yang pasti game ini tergolong canggih dari sisi teknis karena mengombinasikan ARCore dengan API Google Cloud, yang berjasa menyuplai Guppy dengan teknologi computer vision dan object recognition.

Ikea Place

Beralih ke kategori shopping & home, aplikasi AR Ikea yang sebelumnya sudah cukup lama hadir di iOS akhirnya mendarat juga di Android. Bagi yang tidak tahu, aplikasi ini memungkinkan kita untuk menempatkan beragam perabot virtual di dalam rumah demi memberikan gambaran yang lebih jelas tanpa harus berkunjung ke toko fisiknya.

Aplikasi ini sangat berguna untuk melihat dimensi suatu furniture, semisal lemari atau meja, lalu memastikan apakah barangnya cukup atau tidak di dalam kamar kita. Ikea bilang saat ini sudah ada lebih dari 3.200 produk dalam Ikea Place.

eBay

Kreasi eBay ini menurut saya adalah yang paling inovatif sekaligus berpengaruh signifikan. Memanfaatkan mode AR, para pedagang di eBay dapat memastikan ukuran kardus pengiriman untuk setiap produk yang hendak mereka kirim ke pembeli. Tidak ada lagi ceritanya membayar lebih mahal untuk kardus yang terlalu besar hanya karena takut kardus yang berukuran lebih kecil tidak cukup untuk barang dagangannya.

Just a Line

Terakhir, di segmen kreativitas, Google memamerkan aplikasi buatannya sendiri yang dinamai Just a Line. Aplikasi ini simpel tapi cukup seru. Anda dipersilakan mencorat-coret di medium AR, lalu kreasi Anda bisa dijadikan bintang dalam sebuah video pendek.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter