Categories

Gadget

Deretan Fitur Unggulan ColorOS 7 yang Bisa Dinikmati Konsumen OPPO

Ibarat Android 10 yang disuntik steroid

Glenn Kaonang - 4 June 2020

Di ranah smartphone Android, antar muka ponsel sering kali agak disepelekan oleh konsumen. Padahal, antar muka merupakan salah satu faktor pembeda utama di antara begitu banyaknya brand smartphone. Spesifikasinya boleh sama, tapi dengan antar muka yang berbeda, maka pengalaman yang didapat juga akan berbeda pula.

Bagi para pengguna perangkat OPPO, tentunya ada sudah familier dengan nama ColorOS. Versi terbarunya, ColorOS 7 yang menggunakan Android 10 sebagai basisnya, telah tersedia di sejumlah model. Dari yang terjangkau seperti OPPO A52, sampai flagship Find X2 Pro, semuanya telah menjalankan ColorOS 7 secara default.

Yang mungkin jadi pertanyaan, apa saja fitur-fitur baru yang ditawarkan ColorOS 7? Dalam artikel ini, saya akan coba jelaskan secara singkat keunggulan-keunggulannya.

Clone Phone

ColorOS 7 Clone Phone

Saya awali dengan fitur yang cukup sering diremehkan, tapi sangat penting demi memudahkan pengalaman konsumen, yakni Clone Phone. Saat membeli smartphone baru, sering kali konsumen hendak memindah data dari perangkat lama ke yang baru. Dengan Clone Phone, pengguna cukup memindai sebuah kode QR, maka data dari ponsel lama akan dipindah ke ponsel baru tanpa bantuan kabel.

Focus Mode

ColorOS 7 Focus Mode

Selanjutnya, ada fitur Focus Mode yang sangat cocok untuk masa-masa bekerja atau belajar dari rumah seperti sekarang. Saat fitur ini diaktifkan, perangkat bakal memutar musik-musik ambient untuk membantu pengguna berkonsentrasi, sekaligus mematikan notifikasi untuk sementara waktu, dengan durasi yang ditentukan oleh pengguna sendiri.

Split Screen

ColorOS 7 Split Screen

Masih seputar produktivitas, fitur Split Screen pada ColorOS 7 tentunya bakal sangat membantu kegiatan bekerja maupun belajar yang memerlukan dua aplikasi sekaligus (multitasking). Video conference sambil membuat catatan? Menulis email sambil mengecek kalender? Atau mungkin malah menonton video YouTube sambil chatting? Semuanya bisa dilakukan berkat Split Screen.

Smart Sidebar

ColorOS 7 Smart Sidebar

Belum beralih dari aspek multitasking, ada fitur Smart Sidebar yang memberikan akses cepat ke sejumlah aplikasi maupun fungsi-fungsi seperti Split Screen, Screenshot maupun Screen Recording. Isi pada Smart Sidebar ini bisa diatur sesuai kebutuhan, dan untuk mengaksesnya, pengguna hanya perlu menarik garis kecil berwarna putih yang muncul di sebelah kanan tampilan homescreen.

Screenshot

ColorOS 7 Screenshot

Mengambil screenshot dengan gesture tiga jari tetap dipertahankan di ColorOS 7, namun pengguna sekarang memiliki opsi ekstra yang sangat menarik. Jadi usai mengambil screenshot, gambar kecil tampilan hasilnya bisa diusap ke bawah untuk langsung membuka fungsi sharing, atau diusap ke atas untuk lanjut mengambil screenshot halaman yang panjangnya melebihi layar.

Screen Recording

Sesuai namanya, Screen Recording berfungsi untuk merekam seluruh tampilan layar. Pada ColorOS 7.1, yang dapat direkam bukan cuma video, melainkan juga audio. Jadi semisal pengguna hendak merekam sesi gaming-nya, momen tersebut bisa diabadikan lengkap beserta audionya. Juga unik adalah bagaimana Screen Recording pada ColorOS 7 dapat di-pause kapan saja untuk dilanjutkan lagi nantinya.

Full-screen Gesture

Berhubung menggunakan Android 10 sebagai basisnya, ColorOS 7 pun sudah menerapkan berbagai gesture untuk navigasi full-screen. Gesture-nya ini dapat dikustomisasi lebih lanjut, semisal mengubah gesture mengusap dari samping kiri layar untuk berpindah ke aplikasi terakhir yang dibuka sebelumnya. Secara default, gesture ini berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Digital Wellbeing

ColorOS 7 Digital Wellbeing

Fitur ini berguna untuk memantau waktu yang kita habiskan menggunakan smartphone, sekaligus melihat aplikasi yang paling sering digunakan. Dari situ kita dapat menerapkan batasan waktu penggunaan, semisal untuk aplikasi Instagram yang terbukti menghabiskan waktu paling banyak setiap harinya.

Private Safe

Anggap saja fitur ini sebagai brankas digital untuk mengamankan beragam data sensitif seperti foto atau rekaman audio. Demi keamanan ekstra, pengguna sama sekali tidak bisa mengambil screenshot selama berada di dalam Private Safe.

Riding Mode

ColorOS 7 Riding Mode

Kalau Focus Mode tadi dimaksudkan untuk menemani bekerja atau belajar, maka Riding Mode dirancang untuk mendampingi berkendara. Selama Riding Mode aktif, semua notifikasi akan dimatikan. Andai ada yang menelepon, perangkat bisa mengirimkan pesan balasan secara otomatis (yang sudah disiapkan terlebih dulu oleh pengguna).

Music Party

ColorOS 7 Music Party

Sejumlah speaker Bluetooth yang ada di pasaran menawarkan semacam fitur sinkronisasi yang memungkinkan musik dari satu sumber untuk diputar di beberapa unit speaker sekaligus. Skenario serupa juga dapat diterapkan pada smartphone OPPO dengan ColorOS 7. Cukup dengan memindai kode QR di perangkat yang menjadi sumber musik utama, maka perangkat sisanya bakal memutar musik yang sama secara sinkron.

Multi-User Mode

ColorOS 7 Multi User Mode

Sesuai namanya, fitur ini sangat cocok untuk satu perangkat yang digunakan oleh lebih dari satu orang, semisal jika ponsel Anda sering dipinjam oleh anak, sehingga data-data penting Anda akan tetap terjaga dan tidak bisa diakses sembarangan olehnya.

Di luar itu, Multi-User Mode juga dapat dipakai untuk membagi waktu secara lebih optimal. Jadi selama jam kerja, kita dapat mengaktifkan satu profil yang sudah disiapkan yang tidak dilengkapi aplikasi-aplikasi pengalih perhatian seperti Instagram dan lain sejenisnya. Selesai bekerja, barulah saatnya mengaktifkan profil yang murni disiapkan untuk hiburan.

Black Screen Mode

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan para pelanggan YouTube Premium adalah memutar video dengan posisi layar mati (untuk mendengarkan audionya saja selagi menghemat baterai). ColorOS 7 punya fitur serupa, di mana layar akan terkunci dan video bisa tetap berjalan, sehingga perangkat dapat disimpan di dalam saku tanpa takut layarnya tertekan tanpa sengaja. Selama tombol power-nya tidak tertekan, video akan terus diputar sampai habis.

Simple Mode

ColorOS 7 Simple Mode

Fitur yang satu ini disiapkan untuk konsumen lansia atau yang agak kesulitan melihat layar smartphone dengan jelas. Saat diaktifkan, semua tampilan ColorOS 7 akan diperbesar, mulai dari icon aplikasi sampai gambar dan teks sehingga lebih mudah terbaca.

Smart Assistant

ColorOS 7 Smart Assistant

Smart Assistant mengumpulkan berbagai macam informasi ke dalam satu tempat yang mudah diakses, yakni dengan mengusap layar ke kanan dari tampilan homescreen. Dari informasi seperti kuota internet yang sudah terpakai, sampai informasi cuaca maupun fitur pemindai dokumen, semuanya bisa diakses langsung dari Smart Assistant.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter