Deretan Inovasi Teknologi OPPO di Ajang MWC Sejak 2013 Hingga 2019

Deretan Inovasi Teknologi OPPO di Ajang MWC Sejak 2013 Hingga 2019

Ada dua teknologi baru yang akan jadi suguhan OPPO di MWC 2019 kali ini
EE2A3180
EE2A3180

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, ajang MWC kerap menjadi ajang bagi sederet pabrikan perangkat untuk memamerkan teknologi barunya kepada publik. Menunjukkan seberapa baik mereka berkembang setiap tahunnya. OPPO, salah satu pabrikan kenamaan asal Tiongkok yang ambil bagian sejak enam tahun silam, telah mempersiapkan sejumlah kejutan untuk MWC 2019 tahun ini.

Lima tahun menjadi bagian MWC di Barcelona – tahun 2018 absen, OPPO sukses menghadirkan sesuatu yang berbeda, menegaskan komitmennya untuk terus memberikan inovasi-inovasi terbaik. Ini adalah deretan teknologi inovatif yang pernah dihadirkan oleh OPPO di ajang MWC dalam lima tahun kesertaannya.

Dalam debutnya di Barcelona, OPPO membawa Find 5 sebagai suguhan utamanya. OPPO Find 5 datang dengan sejumlah fitur unggulan di kelas menengah kala itu, di antaranya layar full HD dengan kerapatan piksel yang tinggi di kelasnya, yaitu 441 ppi.

OPPO find 5

Setahun kemudian OPPO kembali meramaikan MWC 2014, kala itu mereka memamerkan OPPO N1 yang menjadi terobosan dalam industri mobile, di mana ia menjadi smartphone pertama yang mempunyai kamera putar. Pasca kemunculan N1, ia menjadi kiblat bagi sejumlah pabrikan sehingga muncullah kamera dalam bentuk dan mekanisme yang hampir menyerupai.

OPPO N1

Belum lagi era kamera putar pudar, OPPO kembali menggebrak dengan punggawa baru bernama R5 yang sukses menarik perhatian pengunjung MWC 2015. Daya tarik R5 tidak pada komponen kamera seperti di N1, melainkan ketebalannya yang hanya 4,85mm menempatkan dirinya sebagai smartphone tertipis di dunia kala itu. Tentu setelahnya mulai bermunculan smartphonesmartphone peniru. Era ini juga menjadi titik balik bagi audio jack 3,5mm yang perlahan mulai ditinggalkan.

Terus bergerak, tren industri mobile beralih ke sektor baterai di mana banyak pabrikan mulai mengembangkan perangkat dengan suplai daya yang lebih besar. Baik rantai yang terkait, baterai yang besar juga membutuhkan pemasok daya yang cepat untuk memberikan kompensasi terhadap kebutuhan waktu untuk mengisi baterai dengan kapasitas tak biasa.

Maka di tahun 2016, OPPO lagi-lagi membuat gebrakan dengan dua teknologi baru bernama Super VOOC dan Smart Sensor.

SuperVOOC

Super VOOC adalah teknologi pengisian ulang baterai yang mampu memberikan suntikan daya dalam waktu yang paling cepat di antara teknolgoi serupa yang ada kala itu. Untuk mendapatkan kembali daya yang hilang dari baterai sebesar 2500mAh, Super VOOC hanya butuh waktu 15 menit.

OIS

Sedangkan teknologi Smart Sensor ditujukan untuk komponen kamera, di mana ia menggunakan penstabil 3 sumbu yang mampu mengompensasi getarakn hingga 15ms. Cara kerja Smart Sensor diklaim tiga kali lebih cepat ketimbang teknologi OIS yang banyak diadopsi brand-brand besar dunia.

Setahun berikutnya, di MWC 2017 OPPO kembali ambil bagian. Dalam event itu, OPPO memperkenalkan teknologi 5X Dual Camera Zoom. Teknologi ini menggunakan desain baru yang terinspirasi dari struktur gaya periskop, menyimpan ruang yang membuat kamera zoom optical pada smartphone dapat tampil ramping.

World_s first periscope-style dual camera technology

Absen di MWC 2018, OPPO tahun ini ambil bagian dan telah mempersiapkan sesuatu yang baru. Yang pertama, OPPO menyambut antusias datangnya era 5G yang diyakini sudah ada di depan mata. Untuk itu, mereka telah melakukan uji coba dari pengujian 3D video calling hingga panggilan multiparty pertama dengan jaringan 5G.

Berikutnya, OPPO juga akan memperkenalkan teknologi 10x losseless Zoom sebagai penyempurnaan dari 5X Dual Camera Zoom yang diperkenalkan dua tahun lalu di ajang yang sama. OPPO menjamin bahwa gambar yang dihasilkan dengan teknologi ini tetap tajam karena menggunakan zoom berjenis optical bukan perbesaran secara digital.

Mari kita tunggu tanggal 25 Februari mendatang, tanggal MWC akan mulai digelar. Menarik tentunya melihat inovasi yang akan hadir oleh OPPO.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO. 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…