Categories

Gadget

Deretan Produk Baru yang Lenovo Umumkan di MWC 2021

Mulai dari laptop unggulan seperti ThinkPad X1 Extreme Gen 4, sampai beragam aksesori nirkabel serta tablet premium

Glenn Kaonang - 28 June 2021

Menyambut gelaran MWC 2021, Lenovo memperkenalkan seabrek produk baru dari beragam kategori. Mulai dari sejumlah laptop dan Chromebook anyar, sampai monitor portabel dan beragam aksesori nirkabel, semuanya dirancang untuk menunjang tren bekerja secara hybrid.

Kita mulai dari bintang utamanya terlebih dulu, yakni ThinkPad X1 Extreme Gen 4. Mobile workstation kelas kakap ini menawarkan spesifikasi kelas atas dalam kemasan yang ringkas sekaligus kokoh.

Bodi berlapis serat karbonnya memiliki ketebalan hanya 17,7 mm dan bobot kurang dari 1,81 kg, tapi di saat yang sama pilihan prosesornya mencakup Intel Core i7 atau Core i9 H-series generasi ke-11, dan konfigurasi termahalnya mengandalkan GPU Nvidia GeForce RTX 3080 16 GB GDDR6.

Komponen-komponen kelas atas ini tidak akan bisa bekerja secara optimal tanpa sistem pendingin yang efektif, dan Lenovo sudah memikirkan hal itu baik-baik. Satu hal yang sangat unik dari sistem pendinginnya adalah bagaimana aliran udara bisa masuk melalui keyboard-nya, memberikan tambahan asupan udara segar untuk membantu mendinginkan prosesor dan GPU, tapi di saat yang sama keyboard-nya masih diklaim tahan tumpahan air.

Melengkapi spesifikasinya adalah RAM 64 GB dan dua SSD NVMe, masing-masing dengan kapasitas 2 TB (kalau memang Anda punya budget-nya). Meski berbodi tipis, ThinkPad X1 Extreme Gen 4 masih mampu mengusung baterai berkapasitas 90 Wh. Lenovo juga tidak lupa menyertakan konektivitas 5G bagi konsumen yang membutuhkan.

Untuk layarnya, ThinkPad X1 Extreme Gen 4 mengemas panel 16 inci dengan pilihan resolusi QHD atau 4K. Untuk varian 4K-nya, tingkat kecerahan maksimumnya diklaim mencapai angka 600 nit. Seperti yang bisa dilihat dari gambarnya, layarnya ini kelihatan lebih tinggi dari biasanya, sebab aspect ratio-nya memang 16:10, bukan 16:9.

Lenovo percaya ke depannya 16:10 bakal menjadi standar baru untuk laptop komersial. Terkait ukurannya, Lenovo bilang bahwa sejauh ini ada lebih banyak supplier yang menawarkan panel display 16:10 dalam ukuran 16 inci ketimbang 15 inci. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa laptop 16 inci belakangan semakin menjamur. Rencananya, ThinkPad X1 Extreme Gen 4 akan dijual mulai bulan Agustus dengan harga mulai €2.099.

Lenovo ThinkPad L13 Yoga Gen 2 / Lenovo

Produk yang selanjutnya adalah ThinkPad L13 dan L13 Yoga Gen 2. Keduanya merupakan perangkat yang identik, dengan perbedaan hanya pada engsel layar, sehingga konsumen bebas memilih laptop yang berjenis convertible atau standar. Keduanya bisa menjadi pilihan bagi yang tengah mengincar laptop kelas menengah dengan prosesor AMD Ryzen 5000-series. Produk ini akan dipasarkan masing-masing dengan harga mulai €649 dan €749.

Lenovo IdeaPad 5i Chromebook / Lenovo

Beralih ke Chromebook, Lenovo turut memberikan pilihan antara model standar dan model convertible lewat IdeaPad 5i Chromebook dan IdeaPad Flex 5i Chromebook. Sekali lagi spesifikasi keduanya identik terkecuali layarnya, dengan pilihan prosesor Core i5-1135G7, RAM 8 GB, dan SSD 512 GB pada varian termahalnya. Keduanya akan segera dipasarkan dengan banderol mulai €399.

Lenovo L15 Mobile Monitor / Lenovo

Sejumlah pilihan monitor turut diperkenalkan, termasuk halnya ThinkVision M15 Mobile Monitor dan Lenovo L15 Mobile Monitor. Terlepas dari perbedaan namanya, keduanya sebenarnya identik, hanya saja satu ditujukan untuk pasar komersial, dan satu lagi untuk pasar konsumen umum.

Masing-masing perangkat dibekali panel 15,6 inci beresolusi FHD, serta dilengkapi kaki yang adjustable sehingga tingginya bisa disamakan dengan laptop demi menghadirkan posisi yang lebih nyaman. Lenovo bakal menjual monitor portabel ini dengan harga mulai €229.

Lenovo LC50 Modular Webcam / Lenovo

Masa-masa WFH seperti sekarang tidak akan lengkap tanpa webcam, dan Lenovo pun menyadari hal tersebut. Buat pekerja kantoran, Lenovo punya ThinkVision MC50 Monitor Webcam, sedangkan konsumen di rumah bisa melirik Lenovo LC50 Modular Webcam. Keduanya merupakan webcam 1080p dengan sepasang mikrofon noise cancelling, dan harganya pun sama-sama €99.

Khusus untuk LC50, label Modular pada namanya merujuk pada mekanisme pemasangannya yang mengandalkan magnet, sehingga pengguna di rumah bisa dengan mudah menggunakannya secara bergantian di beberapa perangkat yang berbeda. Untuk MC50, ada fitur unik berupa lampu indikator yang akan menyala merah ketika pengguna tengah menjalani sesi video call, menginformasikan kepada kolega bahwa sang pengguna sedang sibuk dan sebaiknya tidak diganggu.

Lineup aksesori Lenovo Go / Lenovo

Dalam kesempatan yang sama, Lenovo juga memperkenalkan sederet aksesori nirkabel yang tergabung dalam sub-brand Lenovo Go. Lenovo memfokuskan pada tiga kategori, yakni input, power, dan audio, jadi jangan heran kalau produk-produknya meliputi beragam model mouse, keyboard, power bank, dan headset.

Satu aksesori yang cukup unik adalah Lenovo Go Wireless Charging Kit, yang pada dasarnya mampu mengisi ulang laptop 13 inci atau 14 inci secara nirkabel. Rahasianya terletak pada modul khusus yang diselipkan ke bagian bawah laptop, lalu tersambung via USB-C. Modul itulah yang menyalurkan daya dari charging base menuju ke laptop.

Lenovo Yoga Tab 11 dan Yoga Tab 13 / Lenovo

Di kategori tablet, Lenovo pun mempunyai sejumlah penawaran baru, mulai dari yang berharga terjangkau dan ditujukan kepada anak-anak seperti Lenovo Tab M7 3rd Gen dan Tab M8 3rd Gen, sampai yang berukuran besar seperti Lenovo Yoga Tab 11, Tab P11 Plus, dan Yoga Tab 13.

Model yang terakhir ini menarik karena selain mengemas layar 13 inci yang mendukung Dolby Vision, ia turut ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870 yang mumpuni. Desainnya sesuai ciri khas Lenovo selama ini, dengan salah satu sisi yang lebih tebal yang menjadi rumah baterai sekaligus bagian untuk digenggam. Kesan mewah pun tersirat berkat panel belakangnya yang berlapis bahan Alcantara versi vegan. Tablet ini akan segera dijual dengan harga mulai €799.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter