Categories

Gadget

Desain 3 Smartwatch Baru Kronaby Juga Sulit Dibedakan dari Jam Tangan Klasik

Kronaby ingin penggunanya tetap terhubung tanpa membuat perhatian mereka jadi mudah terpecah.

Yoga Wisesa - 26 March 2018

Penggunaan LCD memungkinkan arloji mengungkap informasi lebih banyak, namun ada keindahan yang membuat sistem analog tak tergantikan. Hal ini dirasakan pula oleh pencipta smartwatch. Meski pemanfaatan touchscreen sangat populer, produk hybrid juga jadi andalan sejumlah produsen. Di antara mereka bahkan mengimplementasikan arahan desain yang super-sederhana.

Tak lama setelah Skagen menyingkap arloji pintar berkonsep dress watch, kali ini giliran watchmaker Swedia Kronaby memperkenalkan koleksi baru ‘jam terkoneksi’ berkonsep minimalis. Produk-produk ini merupakan revisi dari perangkat wearable mereka sebelumnya. Gagasan desainnya Kronaby namai ‘Technology made Human’, memastikan penggunanya tetap terhubung tanpa membuat perhatian mereka jadi mudah terpecah.

Ada tiga model yang memperoleh refresh, yaitu Apex, Sekel, dan Nord. Semua versi ini dibekali kemampuan layaknya jam pintar: menyampaikan notifikasi via alarm ‘sunyi’, menyesuaikan waktu secara otomatis, mengingatkan pengguna untuk bergerak, hingga mempersilakan kita buat mengendalikan kamera serta musik. Dan tentu saja, fungsi ketiga smartwatch Kronaby ini dapat diakses lewat aplikasi mobile.

 

Apex 43mm

Kronaby menjelaskan bahwa Apex 43mm mengadopsi desain speedometer di mobil balap, tertuang lewat rancangan ala chronograph. Watch face barunya dibekali dua sub-dial untuk menampilkan informasi, di antaranya zona waktu sekunder, target olahraga/langkah harian/mingguan, serta tanggal. Case berbahan stainless steel-nya dipadu bersama strap kulit Itali, lalu bagian ‘kristalnya’ memanfaatkan bahan kaca safir. Hebatnya lagi, perangkat berwujud sporty ini bisa tahan air hingga 10-bar atau 100-meter.

Harga: € 595

 

Sekel 41mm

Model ini sempurna untuk Anda yang menginginkan arloji pintar bertema ‘lebih serius’. Sekel 41mm mengusung strap baja anti-karat 316L yang serasi dengan bagian case-nya. Selanjutnya, watch face menyuguhkan dial berlatar belakang biru plus satu sub-dial buat menampilkan zona waktu kedua, dan semua itu dilindungi oleh kaca safir kubah. Ia turut dibekali kapabilitas anti-air serupa Apex 43mm, tersambung via Bluetooth 5.0 LE ke smartphone Anda, serta mengambil tenaga dari baterai koin CR3032 – kabarnya bisa tetap aktif hingga dua tahun.

Harga: € 575

 

Nord 41mm

Nord 41mm mempunyai rancangan yang paling ‘dressy‘ di antara ketiga varian anyar ini, sangat cocok digunakan saat menghadiri acara-acara formal. Presentasinya sangat simpel, tanpa kehadiran sub-dial atau bahkan jendela kecil penunjuk tanggal. Saya tidak tahu bagaimana caranya Nord 41mm menyampaikan notifikasi secara visual, tapi saya menebak boleh jadi ia memanfaatkan gerakan jarum. Faktor ketahanan air dan durasi baterai Nord 41mm sama seperti dua model sebelumnya, juga memanfaatkan case stainless steel dan strap kulit suede.

Harga: € 295

Produk-produk ini akan dipasarkan mulai bulan April 2018.

Dari tiga versi ini, favorit pribadi saya adalah Nord 41mm dengan alasan kesederhanaan desain. Dan karena complication-nya lebih sedikit, saya menerka penggunaan baterainya akan jadi lebih hemat. Lalu melihat dari penampilannya, ada kemungkinan kita juga bisa menggonta-ganti strap-nya, berbekal spring bar remover standar.

Sumber: Kronaby.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id