Categories

Gadget

Desain Google Cardboard Diperbarui Demi Mendukung Lebih Banyak Smartphone

Yoga Wisesa - 29 May 2015

Menghadapi tahap selanjutnya di era virtual reality, produsen menyambut dengan cara yang beragam. Bagi Oculus VR, kesempurnaan dapat diperoleh lewat topangan hardware canggih. Namun Google ingin supaya virtual reality bisa dinikmati semua orang, itulah alasannya mengapa mereka menyiapkan platform sekaligus rancangan DIY head-mounted display Cardboard.

Hanya dengan bermodalkan uang sekitar US$ 20, Anda dapat merakit headsetvirtual reality sendiri. Penawaran ini sangat apik buat konsumen biasa, serta efektif memikat developer untuk berpartisipasi dalam peracikan konten. Tapi karena sistem Cardboard sebenarnya berpusat pada smartphone, penyajian terpentok masalah performa komponen device dan desain. Buat hal terakhir itu, Google mencoba menyelesaikannya melalui update rancangan Cardboard.

Pada ajang Google I/O 2015 yang dilangsungkan di Moscone Center, raksasa internet dari Kalifornia itu mengungkap pembaruan desain. Tujuannya adalah agar ia mendukung lebih banyak tipe handset, terutama model-model berukuran layar lebih lebar hingga enam-inci. Pemilik iDevice juga boleh bergembira sebab Google turut meluncurkan aplikasi VR-nya ke platform iOS. iPhone 6 dipasangkan ke Cardboard? Bisa.

Di versi teranyar ini, Cardboard jadi lebih besar. Google telah mengganti kancing magnet di desain terdahulu dengan busa konduktif sebagai sistem input utama. Proses pembuatan juga lebih sederhana dibanding Cardboard lawas, kini hanya melewati tiga tahapan. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan Cardboard, rancangan baru tetap terasa familier. iPhone 6 atau Nexus 6 secara mudah 'diselipkan' di sisi depannya.

Info menarik: GoPro Siap Ramaikan Ranah Virtual Reality

Pengguna perangkat Apple boleh langsung mengunduh aplikasi Google Cardboard di app store secara cuma-cuma. Di sana disuguhkan beberapa demo software semisal Explorer, Kaleidoscope, Exhibit (melihat objek-objek yang dipamerkan di museum), dan Urban Hike (menjelajahi kota-kota terkenal di dunia). Selain iPhone 6, Cardboard kompatibel dengan 6 Plus, iPhone 5S, 5C dan 5.

Demi mengembangkan konten lebih jauh, Google menggaet sang produsen camera action kenamaan, GoPro. Tugas mereka, menyediakan housing 'Jump Rig' 360 Camera Array buat menciptakan video seluas 360 derajat. Perangkat itu terdiri dari 16 buah dudukan HERO4, memungkinkannya bekerja sebagai satu kesatuan. Ia akan dibantu oleh software beralgoritma canggih untuk menyatukan video-video terpisah, dan memastikan sinkronisasi berjalan lancar.

Instruksi penyusunan Cardboard baru bisa langsung Anda lihat di website. Terlalu malas untuk merakitnya sendiri? Tinggal beli saja versi 'jadinya'.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter