XL Axiata dan APJII Bermitra Mengembangkan Desentralisasi Indonesia Internet Exchange

XL Axiata dan APJII Bermitra Mengembangkan Desentralisasi Indonesia Internet Exchange

Memanfaatkan tiga buah data center XL yang berada di Sumatra, Jakarta, dan Surabaya
Menkominfo Rudiantara menyaksikan kerja sama XL Axiata dan APJII manfaatkan data center XL dalam program desentralisasi IIX / XL Axiata
Menkominfo Rudiantara menyaksikan kerja sama XL Axiata dan APJII manfaatkan data center XL dalam program desentralisasi IIX / XL Axiata

XL kerja sana dengan APJII untuk manfaatkan data center XL dalam program pengembangan IIX / XL

PT XL Axiata Tbk (XL) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan bekerja sama untuk pengembangan desentralisasi Indonesia Internet Exchange (IIX) dan pemanfaatan infrastruktur XL yang tersedia di beberapa kota di Indonesia. Nota kerja sama keduanya ditandatangani di sela-sela ajang “Dari Indonesia Untuk Dunia” yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, yang juga dihadiri Menkominfo Rudiantara.

Direktur Digital Services XL Ongki Kurniawan menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan berkomitmen untuk mendukung penuh program APJII tentang desentralisasi IIX ini.

“XL memiliki komitmen untuk mendukung penuh program APJII dalam membantu pemerataan pembangunan. Karena itu, kami menyambut baik program APJII tentang desentralisasi IIX karena sangat sesuai dengan tujuan pemerataan dan percepatan akses pita lebar (broadband) di daerah-daerah. Melalui kolaborasi ini, para anggota APJII terutama yang berada di daerah diharapkan dapat lebih memberikan layanan yang prima bagi para pengguna jasa internet yang mereka miliki,” ungkap Ongki.

Ongki juga menambahkan bahwa kerja sama ini sangat strategis mengingat kebutuhan anggota APJII atas data center dan infrastruktur pendukung lainnya yang berlokasi di daerah dan memiliki standar internasional. XL dalam keterangan press-nya juga mengatakan XL Data Center siap melayani kebutuhan anggota APJII terutama mereka yang berada di daerah. Bersama-sama dengan APJII, XL akan mempersiapkan Data Center Pekanbaru sebagai IIX1 untuk daerah Sumatra, Data Center Jakarta sebagai IIX6 di daerah Jakarta, dan Data Center Surabaya sebagai II5 di daerah Surabaya.

Saat ini, melalui Divisi XCloud-nya, XL telah memiliki tiga buah Data center yang dapat digunakan oleh publik di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Arengka-Pekanbaru, Bintaro-Jakarta, dan Kali Rungkut-Surabaya. Semua Data Center tersebut merupakan pusat data yang mencakup layanan komputasi awan (cloud), collocation, dan juga Disaster Recovery Center (DRC), baik publik maupun privat.

Di akhir tahun ini XL akan menambah layanan dengan memperkenalkan Data Center yang berlokasi di Balikpapan. XL XCloud saat ini telah melayani lebih dari 130 korporasi dan merupakan salah satu unit bisnis di XL Digital Services dengan peningkatan pendapatan lebih dari dua kali lipat per tahunnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…