Categories

Misc

Microsoft Siap Ramaikan Kancah Desktop Modular?

Paten desktop modular ini diajukan tahun 2015 dan baru saja terbit minggu lalu

Bambang Winarso - 16 February 2016

Konsep modularitas di sejumlah perangkat modern saat ini tengah menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Konsep ini menawarkan fleksibilitas di mana pengguna memperoleh kebebasan untuk membongkar dan mengganti komponen perangkat tanpa harus membeli satu perangkat utuh ketika ingin melakukan upgrade. Google terjun ke konsep ini lebih dulu melalui Project Ara-nya, kemudian Acer tak tinggal diam dan telah menawarkan mini desktopRevo Build, begitu juga Lenovo lewat PC modularnya.

Melihat ketertarikan sejumlah pabrikan-pabrikan besar tersebut, tak berlebihan bila kemudian kita juga menemukan Microsoft ikut ambil bagian di sana.

Microsoft dikabarkan telah mematenkan sebuah konsep perangkat PC modular  yang selain memungkinkan kustomisasi yang menyeluruh, juga memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk merakit dan mengganti komponen yang dirasa perlu peningkatan. Dalam pandangan Microsot, konsep modular pada PC akan mengeliminasi permasalahan dalam peningkatan fungsionalitas perangkat yang di konsep konvensional cenderung lebih mahal.

Dilansir oleh Venturebeats, paten ini diajukan pada bulan Juli 2015 dan diterbitkan minggu lalu di mana Tim Escolin yang merupakan perancang senior Microsoft Surface tertera sebagai salah satu penulisnya.

Jadi tidak mengejutkan jika kita mendapati fitur tablet Surface seperti dalam paten sebagai komponen modular. Microsoft mempunyai rancangan modul yang berbeda yang disatukan bersama-sama melalui sambungan magnetis atau dengan kait mekanik, didukung oleh "tonjolan dan rongga" yang akan memungkinkan pengguna untuk menambahkan komponen baru ke dalam satu rangkaian. Tak berheti di sana, paten juga menyinggung penggunaan potensi penanaman hardware Microsoft lainnya, seperti Kinect dan headset HoloLens.

Hanya saja, mengingat ini barulah sebatas paten, maka belum dapat dipastikan apakah Microsoft benar-benar akan mewujudkannya dalam wujud perangkat komersil. Tetapi paling tidak teknologi modular ada dalam daftar pertimbangan Microsoft.

Sumber berita Liliputing dan gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter