Categories

Gadget

Devialet Gemini Adalah TWS Perdana dari Sang Produsen Speaker Premium Asal Perancis

Unggulkan active noise cancellation dan sejumlah teknologi yang dipatenkan

Glenn Kaonang - 12 October 2020

Tren TWS benar-benar tidak terbendung. Satu demi satu pabrikan audio, termasuk yang kerap diasosiasikan dengan kalangan audiophile, pada akhirnya ikut ambil bagian. Kita sudah melihat TWS perdana Grado, dan sekarang giliran dedengkot audio asal Perancis, Devialet, yang menjalani debutnya di kategori ini.

Desain TWS bernama Devialet Gemini ini terkesan simpel tapi elegan. Bentuknya juga langsung mengingatkan saya pada speaker Devialet Phantom yang amat luar biasa tenaganya. Sesuai dugaan, lingkaran berlabel “D” pada sisi luar kedua earpiece tersebut merupakan panel sentuh kapasitif. Secara keseluruhan, fisik Gemini tahan cipratan air dan debu dengan sertifikasi IPX4.

Sama seperti speaker Phantom tersebut, Gemini turut mengemas sejumlah teknologi yang dipatenkan. Yang pertama adalah Ear Active Matching (EAM), algoritma khusus yang dirancang untuk memahami bentuk telinga masing-masing pengguna, lalu menyesuaikan karakter suara yang paling optimal secara otomatis. Perangkat bahkan dapat merekomendasikan ukuran eartip yang pas buat pengguna melalui aplikasi pendampingnya di smartphone.

Selanjutnya, ada algoritma Internal Delay Compensation (IDC) yang berfungsi untuk mengompensasikan jeda yang timbul akibat pemrosesan noise cancellation. Ya, Gemini memang menawarkan fitur active noise cancellation (ANC), dan intensitasnya bisa diatur dalam tiga tingkatan yang berbeda: low, high, dan plane.

Seperti kebanyakan TWS lain yang mengunggulkan ANC, Gemini juga dilengkapi mode transparan supaya suara dari sekitar pengguna tetap bisa terdengar ketika dibutuhkan. Uniknya, ketimbang membiarkan semua jenis suara masuk, Gemini hanya akan berfokus mengamplifikasi suara manusia, yang umumnya berada di rentang frekuensi 300 – 3.000 Hz, sehingga penggunanya bisa berbincang-bincang tanpa perlu melepas TWS.

Gemini mengusung konektivitas Bluetooth 5.0, lengkap bersama dukungan codec aptX. Dalam sekali pengisian, baterainya diyakini sanggup bertahan sampai 6 jam nonstop (8 jam kalau tanpa ANC), sedangkan charging case-nya siap mengisi ulang perangkat sampai tiga kali, memberikan total daya tahan selama 24 jam.

Rencananya, Devialet Gemini akan segera dipasarkan dengan harga $299. Banderol tersebut sama persis seperti milik Sennheiser Momentum True Wireless 2 yang juga mengunggulkan ANC dan menawarkan daya tahan baterai yang mirip-mirip.

Sumber: SlashGear.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter