17 July 2013

by Bambang Winarso

Aplikasi Khusus Ramadhan di Blackberry App World

Tempo hari kita sudah membahas beberapa aplikasi Android khusus Ramadhan, supaya pengguna Blackberry tidak 'cemburu', hari ini saya akan ulas beberapa aplikasi Blackberry yang juga khusus untuk bulan Ramadhan.

Informasi kali ini bisa dikatakan sangat menarik karena sebagian besar aplikasi yang akan kita ulas ternyata buatan pengembang Indonesia, kita wajib lho kasih acungan jempol untuk para pengembang Indonesia yang terus konsisten melahirkan karya-karya baru.

Oke, kita langsung saja. Saya akan bagi aplikasi menjadi 2 kategori berdasarkan dukungan sistem operasi, yakni kategori Blackberry 10 dan Blackberry OS. Berikut ini adalah kumpulan aplikasi Blackberry 10 khusus Ramadhan:

Shahih Bukhari

Aplikasi ini menawarkan kumpulan hadis Imam Bukhari: Jami' al-Shahih yang terdiri 7008 hadis. Hadis ini merupakan hadis ke enam dari warisan koleksi hadis islam yang ada saat ini, membahas berbagai tata cara ibadah hingga norma islam dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Shahih Bukhari di Wikipedia.

Download:  App World - Gratis

Islamic Prayer Times and Qibla Compass (Pro)

Aplikasi ini baru masuk Februari lalu, menawarkan beberapa fitur unik yang akan membantu Anda mengetahui waktu sholat dan juga arah kiblat.

Fitur Aplikasi

  • Menggunakan GPS
  • Mempunyai metode penghitungan waktu sholat yang bervariasi
  • Terdapaat 2 metode penghitungan waktu sholat Ashar uakni Shafi'i dan Hanafi
  • Mencakup ribuan kota
  • Pengaturan yang mudah dan dapat dilakukan secara manual
  • Bisa mengumandangkan Adzan dari Mekah, Medinah, Al-Aqsa dan Mesir
  • Ada 5 tema cantik yang bisa dipilih sesuai keinginan

Download: App World - $0.9

40 Hadith Qudsi

Aplikasi ketiga adalah 40 Hadith Qudsi yang memiliki konten utama berupa kumpulan 40 hadis Qudsi yang diseleksi oleh Syeikh Dr. Ezzeddin Ibrahim. Untuk kemudahan pengguna terdapat terjemahan dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini dibanderol $0.9.

Download: App World 0 $0.9

Ayat al Kursi (Throne Verse)

Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang paling sering digunakan umat muslim menjelang tidur atau merasa takut dari ancaman manusia dan setan. Aplikasi ini akan lebih mendekatkan diri Anda kepada Tuhan YME, mudah digunakan karena terdapat teks terjemahan dan ejaan yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan. Guna memudahkan pengguna, pengembang sudah menyertakan berbagai dukungan bahasa seperti Inggris, Spanyol, Pranis, Turki, Jerman, Italia, Rusia, Albania, Belanda, Swedia, India, Norwegia dan tentu saja bahasa Indonesia.

Download: App World - Gratis

Tausiah

Aplikasi keempat ini lebih kental nuansa Indonesianya karena Anda dapat menemukan kata-kata bijak bernuansa Islam dari ulama-ulama terkenal Indonesia salah satunya adalah Aa Gym. Setiap kata-kata bijak yang ditampilkan oleh aplikasi tak lebih dari 15 kata yang terus diperbaharui, meski sederhana tapi mengena.

Download: App World - Gratis

Itu tadi kumpulan aplikasi khusus Ramadhan untuk ponsel Blackberry 10, nah sekarang kita akan ulas beberapa aplikasi dengan genre serupa tapi untuk Blackberry OS.

Marhaban ya Ramadhan

Berbeda dengan beberapa aplikasi yang sudah kita bahas di atas, aplikasi ini untuk mempercantik tampilan Blackberry Anda karena berupa theme dengan background bernuansa Ramadhan. Saat ini mendukung Blackberry OS 5, 6, 7.0, 7.1 atau sesuai tipe: 9300, 9320, 9310, 9315, 9220, 8530 dan 8520.

 

Fitur Theme Marhaban ya Ramadhan

  • Huruf yang dapat dimodifikasi
  • Home Screen custom-able sehingga dapat disesuaikan dengan gaya Anda
  • Sinyal meter dapat dirubah-rubah
  • Panggilan masuk dan juga ikon baterai yang juga dapat disesuaikan.

Download Theme: App World - $0.9

25 Nabi dan Rosul

Percaya kepada Nabi dan Rosul merupakan salah satu rukun iman yang sudah menjadi kewajiban bagi umat Muslim. Tapi saya yakin tidak semua dari kita hafal dengan nama-nama nabi, nah aplikasi ini membantu kita untuk mempelajari sekaligus mengingat nama-nama 25 nabi dan rosul melalui perangkat Blackberry.

Meski diklaim lebih cocok untuk anak-anak, tapi tidak ada salahnya para orang tua juga mempelajari nama-nama nabi dan rosul.

Download: App World - $0.9

Qibla Locator

Hampir sama dengan aplikasi Islamic Prayer Times and Qibla Compass (Pro), Qibla Locator juga menawarkan tool untuk mencari arah kiblat yang benar dengan menggunakan kemampuan kompas.

Pengguna dapat dengan mudah melihat arah kiblat dengan mengamati pergerakan jarum di layar. Qibla Locator mendukung Blackberry OS 7 dan dibanderol seharga $0.9.

Download: App World - $0.9

 


Bingung mau download yang mana? Nyantai saja, tidak perlu buru-buru. Pilih aplikasi yang paling Anda sukai, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun yang paling penting, pastikan perangkat Anda mendukung aplikasi tersebut, jangan sampai salah beli ya.

Sumber gambar header: n4bb.