Produk dan Strategi baru MSI yang Disingkap di CES 2019

Di CES 2019, MSI Ungkap Strategi Mereka Buat ‘Membahagiakan’ Gamer dan Kreator Konten

MSI juga mengumumkan sesuatu yang tak terduga: kolaborasi bersama Discovery Channel.
MSI GS75 Stealth.
MSI GS75 Stealth.

Berhasil menyandang predikat produk terbaik, terutama dianugerahkan oleh penyelenggara acara pameran teknologi terbesar di dunia, merupakan hal yang sangat membanggakan. Belum lama ini, perangkat-perangkat MSI berhasil menyabet tak kurang dari 12 penghargaan CES 2019. Pencapaian besar ini kemungkinan berhubungan dengan strategi baru yang diterapkan sang produsen hardware Taiwan itu.

Arahan tersebut pelan-pelan diinisasi di awal kuartal kedua tahun lalu, tepatnya ketika GS65 Stealth Thin diperkenalkan. Kontras dari para pendahulunya yang glamor, laptop ultra-thin ini dirancang menyuguhkan penampilan elegan, simpel dan netral. MSI seolah-olah membuat sebuah pernyataan: laptop kami bukan hanya ideal untuk gamer, tapi juga para pencipta konten. Lalu di Computex 2018, pendekatan baru itu diaplikasikan pada laptop gaming ekonomis serta lini Prestige current-gen.

MSI 1 1

Respons positif konsumen tampaknya membuat Micro-Star International semakin yakin dengan langkahnya. Di Consumer Electronics Show 2019 Las Vegas, mereka mengumumkan sejumlah laptop baru baik dari keluarga gaming maupun kelas profesional, serta varian refresh dari model yang sudah ada. MSI merupakan salah satu vendor hardware pertama yang mengusung kartu grafis Nvidia GeForce RTX seri 20 di jajaran notebook-nya.

MSI 1 12

Di antara perangkat-perangkat ini, tiga model menjadi primadona (meski tipe lainnya tak kalah menarik), dan dua di antaranya adalah varian anyar. Sebagai hidangan pembuka, MSI memperbarui seri pemenang CES 2019 Innovation Award GS65 Stealth Thin dengan kartu grafis Nvidia berteknologi real-time ray tracing RTX, kali ini memberinya callsign lebih sederhana, ‘Stealth’. Tak lama setelah pengumuman itu, produsen menyingkap GS75 Stealth, laptop tipis dan ringan 17-inci bersenjata GPU GeForce RTX pertama yang tersedia di pasar.

MSI 1 4

Di lini profesional, MSI memperkenalkan edisi 15-inci dari seri Prestige, menamainya PS63 Modern. Ia memang belum dilengkapi GeForce RTX, tetapi produsen membekalinya bersama banyak fitur esensial yang membuat pengalaman pemakaian jadi lebih baik. Seperti PS42, desain merupakan faktor esensial dalam peracikan laptop, dan MSI memastikannya ditangani dengan optimal sehingga PS63 Modern tak cuma menarik dipandang, namun turut memudahkan aktivitas produktif pengguna.

 

Kerja sama dengan Discovery Channel dan kreator konten

Hal paling tak terduga di acara konfrensi pers yang dilangsungkan di The Venetian Las Vegas kemarin adalah pengumuman kolaborasi antara MSI dengan Discovery Channel. Kedua brand memang fokus pada bidang berbeda, namun sang perusahaan Taiwan melihat ada sebuah kesamaan di antara mereka: keduanya menjunjung tinggi inovasi dan eksplorasi. MSI percaya, produk-produk Prestige baru mereka dapat membantu mendongkrak kreativitas kita.

MSI 1 2

Dalam presentasinya, Andy Fei (kiri) dan Fei Wang (kanan) dari MSI MSI menyampaikan bahwa ada banyak talenta kreatif yang terbantu oleh Prestige. Individu-individu ini bukan cuma dari golongan desainer, ilustrator dan fotografer saja; namun juga sinematografer otomotif (Chris Petruccio), blogger terkemuka (Doris Blanc Pin), DJ (Frequency X), chef sekaligus blogger makanan (Priyanka Naik), hingga kreator konten Instagram (Lana Vermegen).

MSI 1 7

 

Segmentasi kian membaur

Karakteristik konsumen selama beberapa tahun ke belakang memperlihatkan bahwa laptop gaming tak cuma populer di kalangan gamer nomaden, tapi dimanfaatkan pula sebagai alat kerja portable berperforma tinggi. GS65 Stealth merupakan anggukan MSI terhadap tren baru ini. Dalam prakteknya, meski MSI sendiri telah lama menyediakan platform mobile workstation, tak jarang pelanggannya malah memilih laptop gaming seri GT.

MSI 1 3

Menjawab pertanyaan saya, senior marketing director MSI Sam Chern menjelaskan bahwa di tahun ini, mereka punya keinginan untuk ‘membahagiakan dan memanjakan’ gamer dan kreator. Semangat bereksperimen juga terus dibudidayakan oleh MSI. Salah satu wujudnya adalah P65 Creator, yaitu laptop kelas pro yang ditopang layar beresolusi 4K dengan high-dynamic range. HDR memang bukan hal baru, tetapi kehadirannya di notebook adalah pemandangan tak biasa (apalagi Nvidia telah gencar mempromosikannya sejak awal tahun 2018) – dan saya akan mencoba menguliknya di artikel berikutnya.

MSI 1 10

Tentu saja beberapa hal tidak berubah. MSI tetap terus menyediakan desktop replacement monster hingga laptop RGB berdesain radikal yang bisa membuat seluruh mata tertuju padanya. Upgrade kartu grafis GeForce RTX sendiri diterapkan pada tiga keluarga laptop gaming, yakni GT (GT75 Titan dan GT63 Titan), GS (GS75 Stealth serta GS65 Stealth), dan GE (GE75 Raider serta GE63 Raider RGB).

MSI 1 6

 

Satu hal lagi…

Penamaan produk mungkin bisa jadi masalah, terutama bagi calon konsumen awam yang belum familier dengan laptop MSI. Khusus di kategori Prestige, mulai saat ini seri PS (misalnya PS63 dan PS42) membawa kata Modern di belakangnya, lalu model P dilanjutkan dengan nickname Creator – mengindikasikan dukungan software Creator Center buatan MSI yang diracik untuk mengoptimalkan sistem ketika menjalankan aplikasi-aplikasi desain.

MSI 1 9

Catatan: DailySocial adalah salah satu media yang mendapatkan undangan MSI Indonesia untuk mengikuti konferensi pers CES 2019 di The Venetian Las Vegas. 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…