Categories

Gadget

Dibanderol $ 2.000, In-Earphone Baru Shure Gunakan Listrik Statis Untuk Suguhkan Audio

KSE1200 menandai sebuah langkah awal untuk 'merakyatkan' teknologi audio yang beberapa tahun lalu cuma tersedia di laboratorium.

Yoga Wisesa - 2 May 2018

Walaupun simpel, in-earphone mungkin bukan pilihan favorit semua orang dalam menikmati musik. Memasukkan eartip ke lubang telinga memang efektif memblokir bunyi-bunyian mengganggu, tapi kadang bentuknya yang kurang pas membuatnya sering terlepas, dan boleh jadi, audiophile lebih mempercayai  headphone karena lebih nyaman serta dapat menyuguhkan suara lebih baik.

Namun jika portabilitas merupakan perhatian utama Anda dan harga bukan masalah, Shure punya sebuah penawaran. Akhir minggu lalu, perusahaan audio Amerika itu memperkenalkan KSE1200, yaitu sepasang in-earphone premium dengan sistem elektrostatis yang turut dibekali unit amplifier mandiri, didesain untuk dipasangkan ke media player portable high-end. Melaluinya, Shure menjanjikan dua hal: tingkat detail dan kejernihan suara yang superior.

Desain KSE1200 terinspirasi dari pendahulunya, KSE1500, disempurnakan agar lebih kompatibel dengan media player modern. Seperti KSE1500, varian baru tersebut tersambung ke amp, namun wujud KSE1200 jauh lebih padat. Di dalam paket penjualan, Anda bisa menemukan berbagai connector, unit charger, serta beragam model dan ukuran eartip. In-earphone juga kembali memanfaatkan teknologi Sound Isolating.

Lalu apa maksudnya sistem elektrostatis? Itu artinya Shure KSE1500 tidak menggunakan driver dinamis ala piston tradisional. Bagian ini mereka ganti dengan sebuah membran yang ditahan oleh medan magnet di tengah-tengah pelat yang dialirkan listrik statis. Metode ini kabarnya dapat menghasilkan suara lebih presisi dari driver standar, memungkinkan tiap instrumen musik atau sumber bunyi terdengar secara terpisah.

Karena keakuratan dalam reproduksi suara, teknologi tersebut sudah lama menjadi dambaan para audiophile. Kendalanya, sistem elektrostatis membutuhkan pasokan listrik yang tinggi. Dan keberhasilan Shure menyusutkannya menjadi satu set produk in-earphone padat adalah sebuah pencapaian menakjubkan.

"Kami mengerti hal-hal yang dibutuhkan untuk mendesain, mengembangkan dan memproduksi perangkat audio berkualitas tinggi. Dan dalam kiprah selama 20 tahun di ranah penyediaan earphone, bagi kami terciptanya perangkat-perangkat audio berteknologi elektrostatis ialah sebuah pencapaian tertinggi," kata senior category director Shure Matt Engstrom via rilis pers. "KSE1200 dirancang khusus bagi mereka yang memilih suara khas driver elektrostatis ketimbang DAC standar."

Namun layaknya produk kelas audiophile lain, harga KSE1200 tergolong sangat mahal buat konsumen biasa. Satu set earphone ini baru bisa Anda miliki setelah mengeluarkan uang sebesar US$ 2.000.

Meski mahal, ia merupakan alternatif yang jauh lebih terjangkau dari KSE1500 - dibanderol US$ 3.000. KSE1200 menandai sebuah langkah awal untuk 'merakyatkan' teknologi audio yang beberapa tahun lalu cuma tersedia di laboratorium.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter