Categories

Gadget

Dibuat Untuk Latihan Musik, Kurv Adalah Gitar Tanpa Gitar

Kurv Guitar terdari dari dua komponen utama, yaitu clip buat diletakkan di tangan kiri dan sebuah pick besar untuk 'memetik'.

Yoga Wisesa - 1 December 2015

Sebuah penelitian oleh Universitas Stanford membuktikan bahwa bermain musik akan memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan memprediksi, memerhatikan dan mengingat. Tapi bagi banyak orang (termasuk saya), mempelajari instrumen musik tidak mudah, banyak yang menyerah karena frustasi. Namun untuk generasi muda, tim Kurv Music punya solusi unik.

Sengaja diracik sebagai alternatif canggih buat belajar musik, developer asal London tersebut memperkenalkan Kurv Guitar, sebuah gitar tanpa gitar – tidak ada body, fret, serta senar. Mereka yakin, Kurv sanggup menyajikan rasa asik bermain gitar ke semua orang berbekal sistem pembaca gerakan. Idenya ditemukan oleh Suran Goonatilake di tahun 2013, di mana saat itu ia memang sedang mengembangkan teknologi gesture.

Tanpa proses persiapan rumit, Kurv mengajak Anda langsung bermain serta fokus pada lagu. Perangkat terdiri dari dua komponen utama, yaitu bagian clip untuk ditaruh di tangan kiri dan pick berukuran besar di tangan kanan. Bentuk clip tersebut telah didesain sedemikian rupa agar pas di telapak tangan, serta memastikan jari user bisa mencapai delapan area touch di sana.

Kurv 02

Kurv Guitar bekerja dengan handset iOS. Pertama Anda perlu mengunduh aplikasi, menyambungkannya via Bluetooth, lalu menambahkan speaker. Untuk mengeluarkan suara, Anda tinggal menekan touchpad dan melakukan gerakan petikan atau menggenjreng. Semakin kencang gerakannya, maka kian keras pula suara yang dikeluarkan. Touchpad tersebut sensitif terhadap tekanan, bisa mendeteksi posisi ujung jari berbeda.

Kurv dibekali tiga mode gitar ‘virtual’: akustik, listrik dan bass. App juga menyimpan koleksi 60 lagu hit yang bisa langsung dinikmati, antara lain All Along the Watch Tower (Jimi Hendrix), Shook Me All Night Long (AC/DC), Come Away With Me (Norah Jones), sampai Yesterday (The Beatles). Prosedur latihannya dijanjikan simpel, dan mungkin Anda bisa segera mahir dalam hitungan menit.

Kurv 03

Aplikasi ditopang sistem intelligent tutorial yang mampu melacak progres latihan dan peningkatan kemampuan, layaknya mempunyai guru privat. Jika kebetulan sudah memahami ilmu dasar musik, Anda dapat memanfaatkan Kurv Guitar untuk menciptakan lagu. Ia menyuguhkan akses penuh ke kunci nada dan skala kromatik, serta kemampuan buat terhubung ke software perekaman.

Kurv Music saat ini sedang melaksanakan kampanye pengumpulan dana lewat platform crowdfundingKickstarter. Khususnya buat para calon backer, developer menawarkan satu unit Kurv Guitar seharga ‎£ 120 atau kisaran Rp 2,5 juta.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id